Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Pedagang Pasar Jagasatru Gantungkan Harapan ke Ridwan Kamil

Selasa 06 Mar 2018 22:55 WIB

Rep: Rachmat Santosa Basarah/ Red: Sandy Ferdiana

Cagub Jabar HM Ridwan Kamil saat berkunjung ke Pasar Pasar Induk Jagasatru, Kabupaten Cirebon, Selasa (6/3)

Cagub Jabar HM Ridwan Kamil saat berkunjung ke Pasar Pasar Induk Jagasatru, Kabupaten Cirebon, Selasa (6/3)

Foto: Dedi Junaedi/REPUBLIKA
Keberhasilan Ridwan Kamil di Kota Bandung akan diterapkan di Provinsi Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pedagang Pasar Induk Jagasatru, Kabupaten Cirebon menggantungkan sejumlah harapan kepada Calon Gubernur Jabar nomor urut 1 HM Ridwan Kamil. Mereka merasa lega karena harapannya berhasil disampaikan langsung kepada Ridwan Kamil dalam kunjungannya ke Pasar Induk Jagasatru, Selasa (6/3).

Dari sejumlah keluhan, para pedagang lebih menekankan pada peningkatan layanan keamanan di pasar yang beroperasi 24 jam itu. ‘’Kalau Kang Emil jadi gubernur, tolong kasih perhatian kepada pedagang. Keamanan yang bagus akan membuat pedagang nyaman berjualan dan pembeli juga senang,’’ ujar Ketua Ikatan Pedagang Pasar (IPP) Jagasatru Muhammad Arifin kepada Ridwan Kamil.

Arifin mengungkapkan, selama ini tidak ada gangguan keamanan yang signifikan di Pasar Induk Jagasatru. Namun, papar dia, kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Kata dia, akan lebih baik jika diantisipasi oleh tim keamanan yang  kuat.

Menurut dia, saat ini Pasar Induk Jagasatru hanya memiliki 10 orang satpam yang bertugas menjaga 500 kios. ‘’Jumlah itu masih kurang, personil satpam harus ditambah, agar pedagang atau pembeli tenang,’’ tambahnya.

Diakui Arifin, masalah kebersihan dan kondisi bangunan Pasar Induk Jagasatru relative sudah baik. Bangunan bertembok dan berlantai keramik itu terlihat lebih tertata dibandingkan pasar-pasar lain.

Pihaknya meminta Ridwan Kamil memperhatikan pasar, kondisi harga- harga, pasokan, maupun transportasi jika terpilih kelak. ‘’Kalau lagi ada bencana seperti banjir, longsor, maka harga sembako pasti naik, karena gagal panen atau distribusi terhalang,’’ ucap Arifin.

Keluhan lain disampaikan Azis Muslim, pedagang sembak. Azis berharap Kang Emil bisa menata pasar lebih baik lagi. ‘’Kalau Kang Emil bisa menata PKL di Cihampelas (Kota Bandung) menjadi lebih rapi, tolong jika jadi gubernur, tata semua pasar di Jabar menjadi lebih baik lagi,’’ ujarnya.

Semua aspirasi pedagang itu menjadi catatan Ridwan Kamil. Pasar merupakan salah satu bursa pergerakan ekonomi masyarakat. Untuk itu, Ridwan Kamil kerap blusukan ke pasar-pasar dalam safari kampanyenya untuk menyerap aspirasi warga.  

‘’Program bagus yang sudah dilakukan di Bandung, akan dibawa ke wilayah Jabar lainnya kalau saya ditakdirkan memimpin Jabar,’’ ujar Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil. Pihaknya optimistis, dengan sumber daya yang ada, keberadaan pasar akan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Selama blusukan di pasar, baik pedagang, pembeli  tampak antusias meminta berswafoto dengan Kang Emil. Saat keluar pasar pun, terlihat pengendara sepeda motor sengaja berhanti untuk berswa foto dengan Kang Emil.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA