Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Puti Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Jumat 12 January 2018 19:42 WIB

Red: Andri Saubani

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur.

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur.

Foto: Dadang Kurnia

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Calon wakil gubernur Jawa Timur (cagub Jatim) Puti Guntur berkunjung ke makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jumat (12/1). Puti berdoa sekaligus memohon restu untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018.

"Saat tiba langsung menuju ke makam. Beliau juga langsung memanjatkan doa, terlihat khusyuk," kata Suwanto, Juru kunci makam Bung Karno di Blitar, Jumat.

Suwanto mengatakan, rombongan Puti datang pada Kamis (11/1) malam hari, hampir menjelang tengah malam. Mereka langsung menuju ke areal makam Bung Karno, sesaat begitu datang. Puti juga mengenakan baju warna putih dengan kerudung warna hitam.

Rombongan, kata dia, setelah berdoa juga menaburkan bunga di makam. Bunga-bunga tersebut juga sudah disiapkan sebelum rombongan datang. Rombongan juga hanya sebentar saat ziarah di makam tersebut dan setelahnya langsung pergi.

Saat ziarah, Puti juga ditemani beberapa petinggi PDIP misalnya Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dan sejumlah pejabat Pemkot Blitar. Mereka juga ikut khusyuk berdoa.

Suwanto mengatakan, sebelum kedatangan rombongan, sebelumnya memang sudah ada informasi rencana kedatangan mereka. Awalnya, rombongan akan datang saat sore, namun nyatanya mereka datang malam hari. Ia juga menegaskan, tidak ada perlakuan khusus dengan kedatangan Puti dan rombongan tersebut.

Hanya saja, kata dia, sudah ada petugas yang berjaga sejak sore hari. Bahkan, peziarah juga sudah diberi informasi akan kedatangan rombongan Puti tersebut. Peziarah juga menunggu rombongan ingin bersalaman langsung.

Sebelumnya, Puti sudah mengutarakan akan ziarah ke makam kakeknya, Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, setelah tes kesehatan di RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Ziarah tersebut dikatakannya sebagai tradisi dan semakin membuatnya kuat dalam persiapan ikut Pilkada Jatim.

Puti adalah putri Guntur Soekarno Putera, anak tertua Bung Karno dari pernikahan dengan Fatmawati. Puti merupakan anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan. Ia ditunjuk PDIP untuk menggantikan posisi bakal calon Gubernur Jatim Abdullah Azwar Anas yang mengundurkan diri.

Puti juga menegaskan, dirinya siap bertarung pada Pilkada Jatim. Ia juga tidak terbebani menggantikan posisi Azwar Anas tersebut dan mengaku siap mengemban amanat itu.

Setelah ziarah di makam Bung Karno, Kota Blitar, tersebut, Puti berencana langsung ke Surabaya. Sesuai dengan jadwal, terhitung 11-14 Januari 2018, KPU melakukan tes kesehatan para pasangan calon yang ikut pilkada.

Pilkada Jatim diikuti dua pasangan, yaitu Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi) PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Pasangan ini akan melawan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak yang diusung Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen sebanyak 42 kursi.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES