Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

BUMDes di Kabupaten Malang Bakal Jadi Percontohan

Jumat 08 Mar 2019 18:48 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Christiyaningsih

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengadakan kunjungan kerja ke Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jumat (8/3).

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengadakan kunjungan kerja ke Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jumat (8/3).

Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Dengan modal Rp 60 Juta BUMDes menyulap desa jadi tempat wisata ternama

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, menyatakan akan menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera sebagai percontohan. BUMDes itu berlokasi di Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang. Penilaian ini diungkapkan Eko karena BUMDes tersebut dianggap berhasil.

"Pujon kidul BUMDes-nya begitu berhasil, sampai masuk sosmed (Sosial Media) Pak Presiden (Jokowi) langsung," ujar Eko saat ditemui wartawan di Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jumat (8/3).

Sebelumnya, keberhasilan BUMDes Pujon Kidul Kabupaten Malang terekspos melalui akun Youtube resmi milik Presiden Jokowi. Desa yang memiliki sejuta potensi alam ini mengalami perubahan setelah memperoleh bantuan dana desa. Dengan hanya bermodalkan Rp 60 juta kini desa itu telah menjelma menjadi tujuan wisata ternama di Malang.

Kabupaten Malang memiliki 370 desa dengan 113 di antaranya telah mendirikan BUMDes. BUMDes Sumber Sejahtera merupakan yang terbaik dan selalu meraih penghargaan di tingkat nasional. Bahkan, Desa Pujon Kidul mendapatkan perhatian tersendiri dari Presiden Jokowi.

Dengan adanya komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Eko yakin wilayah ini dapat dijadikan percontohan BUMDes ke depannya. Desa cashless akan menjadi poin penting di Kabupaten Malang melalui kerjasama dengan BUMN. "Kalau swasta sudah mulai dengan Sleman," tegas Eko.

Dari sisi infrastruktur, Eko berpendapat Kabupaten Malang sudah relatif baik. Kabupaten Malang sudah banyak beralih ke sektor pemberdayaan masyarakat sehingga patut dijadikan percontohan. Tidak hanya Pujon Kidul, Kabupaten Malang juga dilaporkan memiliki potensi desa wisata baik lainnya.

Wakil Bupati Malang, Sanusi, berharap rencana percontohan ini dapat menggerakkan desa-desa lainnya di Kabupaten Malang. "Ya percontohan lain supaya kepala desa-kepala desa lainnya bergerak seperti Pujon Kidul. Nanti //income// desa makin baik," tambah Sanusi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA