Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Pemda Karawang Diminta Bikin Patung Penari Jaipong

Ahad 29 Dec 2013 01:18 WIB

Red: Joko Sadewo

Tari Jaipong

Tari Jaipong

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dewan Kesenian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta pemerintah daerah setempat membuat sebuah ikon seni dan budaya khas Karawang seperti membangun sebuah patung penari jaipong atau yang lainnya.

Ketua Dewan Kesenian Karawang Yati Mulyati, mengatakan, Karawang merupakan salah satu daerah yang melahirkan sejumlah kesenian khas Sunda. Di antara kesenian Sunda yang dilahirkan di Karawang ialah tarian jaipong dan rampak kendang. Keduanya kini telah menjadi kesenian Sunda di Jawa Barat.

Atas hal tersebut, ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang segera membuat ikon kesenian Sunda yang dilahirkan di Karawang. "Ikon yang bisa dibangun itu seperti membangun patung penari jaipong atau membangun ikon jenis lainnya," kata dia, Sabtu (28/12).

Ketua DPRD Karawang Tono Bahtiar mendukung keinginan Dewan Kesenian Karawang yang menginginkan agar pemerintah daerah setempat membangun ikon kesenian Sunda asli Karawang. "Kesenian Sunda asli Karawang itu harus terus dilestarikan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Paling tidak, dengan dibangunnya ikon kesenian asli Karawang, itu bisa diketahui di berbagai kalangan masyarakat," kata dia.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES