Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Tergelincir, Penumpang Batavia Air Berhasil Dievakuasi

Jumat 30 Mar 2012 16:19 WIB

Red: Hazliansyah

Salah satu pesawat milik maskapai Batavia Airlines.

Salah satu pesawat milik maskapai Batavia Airlines.

Foto: mynetbizz.com

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak 163 penumpang Pesawat Batavia dengan kode penerbangan Y6-565 yang tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jumat, berhasil dievakuasi.

Seorang penumpang Batavia rute penerbangan Jakarta-Pekanbaru itu, Endang Purwanti (40) mengatakan, sebelum mendarat dan tergelincir, pesawat sempat berputar-putar di atas bandara selama setengah jam.

"Sempat berputar-putar di atas sebelum akhirnya tergelincir," katanya.

Endang mengatakan, bahkan sebelum terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, pesawat yang ditumpanginya itu sempat menunda jadwal penerbangan selama satu jam. "Jadual penerbangan itu seharusnya pukul 11.30 WIB. Tapi entah karena apa ditunda berangkat jadi pukul 12.30 WIB," katanya.

Endang kembali mengatakan, begitu pesawat yang ditumpanginya bersama seorang teman dan puluhan penumpang lainnya terbang, kondisinya terasa nyaman dan tidak ada kejanggalan.

"Kami hanya sempat heran, pesawat kok lama banget sampai di Pekanbaru. Eh... Rupanya berputar-putar di atas," katanya.

Endang yang mengaku kembali ke Pekanbaru setelah menjalani wisudanya ini juga mengatakan, puluhan penumpang ketika peristiwa berlangsung sangat histeris. "Terasa goncangan cukup kuat. Bahkan semuanya histeris, panik," katanya.

"Saya juga sempat lihat ada petugas yang membawa racun api. Karena memang sempat ada terlihat percikan api di dalam pesawat," kata Hj Syamsidar, seorang penumpang lainnya.

Syamsidar mengaku baru kembali dari Jakarta setelah liburan bersama keluarga dan kerabat sesama warga Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Riau. "Suara ledakan memang tidak ada terdengar, tapi goncangan di pesawat sangat kuat," katanya.

Penumpang pesawat lainnya, Andrian mengaku sangat panik ketika berada di dalam pesawat. "Bayangkan, kami juga sempat tertahan di dalam pesawat selama satu jam sebelum dievakuasi," katanya.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Manajeman Batavia dan pihak PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru. Dari informasi sejumlah sumber, akibat peristiwa ini, beberapa jadwal penerbangan terpaksa ditunda dan dialihkan ke Bandara Hang Nadim, Batam.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB