Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Derbi Manchester, Laga Penentu

Rabu 24 Apr 2019 09:29 WIB

Red: Budi Raharjo

Para pemain Manchester United saat merayakan gol.

Para pemain Manchester United saat merayakan gol.

Foto: Martin Rickett/PA via AP
Dua tim dalam kondisi bertolak belakang melakoni laga bergengsi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Big match antara tim asal Kota Manchester bakal tersaji tengah pekan ini pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris di Old Trafford, Kamis (25/4) dini hari WIB. Manchester United bertindak sebagai tuan rumah untuk edisi Derbi Manchester kali ini menjamu seteru sekotanya, Manchester City.

Kedua tim sama-sama membidik kemenangan di Theater of Dreams untuk mengamankan posisi di klasemen Liga Primer Inggris. Tuan rumah ingin mengamankan tiket Liga Champions, sedang City ingin menjaga peringkat nomor satu liga. Namun, kedua tim akan turun melakoni Derbi Manchester ini dengan kondisi yang cukup bertolak belakang.

Tuan rumah sedang dalam masa suram mengarungi lima laga terakhirnya di berbagai ajang. Iblis Merah butuh kemenangan demi menjaga asa mereka finis empat besar di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim ini.

Paul Pogba cs saat ini menghuni peringkat keenam klasemen sementara. Misi berburu tiket Liga Champions musim depan pun cukup berat bagi Iblis Merah. Manchester United termasuk satu dari empat tim yang masih bersaing ketat untuk mendapatkan tiket Liga Champions.

Jika memenangi Derbi Manchester, Iblis Merah akan menyamai perolehan angka Tottenham Hotspur dan Chelsea di klasemen, yakni 67. Sebaliknya, jika kalah, peluang Marcus Rashford cs menembus Liga Champions kian menipis.

Ini mengingat selepas Derbi Manchester, Ibis Merah bertemu Chelsea empat hari kemudian. Jika mampu meraih tiga angka di Old Trafford, pertemuan dengan the Blues bisa menjadi penentuan lolos ke empat besar. Jika kalah, Manchester United harus melupakan Liga Champions.

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, meminta para pemainnya melupakan kekalahan 0-4 melawan Everton. Ia berharap para pemainnya bang kit dan fokus melakoni Derbi Manchester dan duel mela wan Chelsea.

"Jika kami memenangkan pertandingan ini, kami masih punya peluang (lolos ke Liga Champions). Ada 12 angka yang harus kami rebut," kata Solskjaer dikutip dari laman resmi klub, Selasa (23/4).

Agak sulit untuk memilih siapa yang layak untuk menjadi pemain kunci Manchester United di laga ini. Penampilan mereka di beberapa laga terakhir sungguh jauh dari ekspektasi. Meski begitu, satu nama layak untuk dikedepankan.

Rashford sebagai putra asli Manchester dan produk asli Iblis Merah tentu punya motivasi tersendiri menghadapi laga Derbi Manchester ini. Alexis Sanchez, Juan Mata, Jesse Lingard, Romelu Lukaku, dan Anthony Martial kemungkinan bakal turun dari menit awal melakoni Derbi Manchester.

Beralih ke tim tamu, gelandang Manchester City Bernardo Silva menyatakan pentingnya derbi bergengsi melawan Iblis Merah. Pemain asal Portugal itu mengakui berada di bawah tekan an menjelang Derbi Manchester. Silva mengatakan, Derbi Manchester selalu menghadirkan sensasi yang berbeda dengan laga lainnya.

Tingkat emosional pemain masing-masing tim juga bisa tak terkendali. Termasuk juga tingkat emosional pelatih, ofisial, dan suporter masing-masing tim. "Kami sadar harus memenangkan laga ini dan berada di bawah tekanan. Namun, saya tidak sabar melakoni Derbi Manchester ini," kata Silva.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, diprediksi kembali mengandalkan Sergi Aguero untuk membobol gawang Manchester United. Apalagi, pemain asal Argentina itu terbukti subur melahirkan gol musim ini.

Kevin De Bruyne yang baru saja mengalami cedera diprediksi tak akan merumput. Namun, Guardiola kemungkinan memakai jasa Oleksandr Zinchenko, Benjamin Mendy, Leroy Sane, dan Raheem Sterling pada laga bergengsi ini.

photo

Sergio Aguero

Laga melawan Manchester City ini juga menjadi ajang balas dendam Iblis Merah. Mereka dikalahkan Manchester Biru 1-3 di Stadion Etihad pada edisi pertama Derbi Manchester musim ini. Manchester United kalah enam kali dan hanya menang dua kali dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi.

Manchester City selalu menang dalam 10 laga terakhirnya di Liga Primer Inggris dan hanya kalah sekali dalam 18 laga terakhir di semua kompetisi. Otomatis, Manchester Biru lebih diunggulkan pada Derbi Manchester ini. (eko supriyadi ed: citra listya rini)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA