Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Saat Capres/Cawapres 'Belajar' Debat

Kamis 17 Jan 2019 07:51 WIB

Red: Elba Damhuri

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Foto: Dok Republika.co.id
KPU menyatakan persiapan debat telah pungkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debat publik berdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar Kamis (17/1) nanti malam. Tiap-tiap kubu memaparkan telah mematangkan persiapan.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Erick Thohir, menyatakan, Kiai Ma'ruf telah menjalani latihan debat sejak Senin (14/1). “Karena beliau harus terbiasa dengan sistem debat. Kalau Pak Jokowi sudah biasa, sudah berapa kali," kata Erick, di Jakarta, Selasa (15/1) malam.

Ia mengatakan, pertemuan Jokowi dengan sembilan ketua dan sekjen partai koalisi di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1) malam, juga membahas mengenai persiapan debat capres dan cawapres. Menurut dia, dalam pertemuan itu para ketua partai koalisi pun memberi masukan.

Namun, Erick enggan menyebutkan apa saja masukan yang dibahas dalam pertemuan itu. "Kalau diceritain nggak seru dong," ujar Erick.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko menyebutkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan rehearsal alias latihan untuk debat perdana. Menurut dia, latihan akan diikuti oleh Jokowi dan Kiai Ma'ruf untuk mendalami materi yang disiapkan secara khusus.

"Ini istilahnya khusus karena kejadiannya jarang dan ada substansi atau materi yang memang disiapkan secara khusus, sehingga wajar siapa pun akan melakukan itu," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP), kemarin.

Ia menyebutkan, latihan akan melibatkan ahli bidang komunikasi dan ahli yang berkaitan dengan topik yang akan diperdebatkan, seperti Yusril Ihza Mahendra, yang dihadirkan sebagai mentor dalam bidang hukum.

Moeldoko menyebutkan, latihan untuk Kiai Ma'ruf dilakukan pada Rabu (16/1) sore, sementara Jokowi sudah siap menjalani debat. "(Latihan) melibatkan ahli bagaimana berbicara, performance, bagaimana cara penyampaian, bagaimana cara menjawab. Ada pembidangan-pembidangan, ada bidang yang khusus menangani substansi," ujar Moeldoko.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, digembleng di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. "Di sana ada tim delapan dan beberapa direktur konten dan media," kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, kemarin.

Andre menjelaskan, di Hambalang, Prabowo bersama tim tengah mempersiapkan materi-materi debat, mulai dari soal hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Prabowo juga mempersiapkan diri bagaimana menawarkan solusi pemberantasan korupsi serta menawarkan penyelesaian soal terorisme secara menyeluruh.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, penggemblengan Prabowo-Sandi dilakukan sejak Selasa (15/1). "Hari ini salah satunya beberapa kisi-kisi yang diajukan oleh KPU, kira-kira jawaban apa yang sesuai visi-misi kita dan khususnya hari ini simulasi dilakukan oleh beliau (Prabowo) dengan Pak Sandi di Hambalang," ujar Muzani.

Muzani juga mengungkapkan, baik Prabowo maupun Sandiaga, telah banyak berdiskusi dengan banyak ahli dan pakar yang berkaitan dengan tema debat perdana besok. Di antaranya Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri, Ketua Dewan Penasihat PAN Amien Rais, dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, persiapan debat pertama Pilpres 2019 sudah mencapai 99 persen. “Untuk menuntaskan persiapan, kami akan menggelar geladi bersih di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis pagi," ujar Wahyu dalam konferensi pers di kantor KPU, Rabu (16/1).

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

Wahyu melanjutkan, ada 500 tamu undangan yang rencananya hadir di venue debat nanti. Undangan itu terdiri atas 200 pendukung masing-masing calon, serta 300 yang terdiri dari kalangan tokoh lintas agama, akademisi, para duta besar negara tetangga, tokoh pemuda, budayawan, dan tokoh mahasiswa. Para mantan presiden dan mantan wakil presiden juga masuk dalam daftar undangan itu.

"Karena keterbatasan ruangan debat, KPU dan pihak hotel menyediakan dua tempat untuk nonton bareng melalui layar lebar. Lokasinya di luar Hotel Bidakara, tetapi masih dalam area gedung hotel tersebut," ungkap Wahyu.

Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pradebat. Sementara itu, siaran debat baru akan dimulai pukul 20.00 WIB di sejumlah televisi nasional.

(muhammad ikhwanuddin/flori sidebang/sapto andika candra/ febrianto adi nugroho/ali mansur/dian erika nugraheny ed: fitriyan zamzami)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA