Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

Doa untuk Ustaz Arifin Ilham

Kamis 10 Jan 2019 14:20 WIB

Rep: Muhyiddin, Dessy Suciati Saputri, Febrianto Adi Saputro, Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil

Ustaz Arifin Ilham  bersiap memimpin Dzikir dalam acara Dzikir  Nasional 2018  di  Masjid At-Tin tiba di Jakarta Timur, Senin (31/12).

Ustaz Arifin Ilham bersiap memimpin Dzikir dalam acara Dzikir Nasional 2018 di Masjid At-Tin tiba di Jakarta Timur, Senin (31/12).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ustaz Arifin Ilham hari ini dibawa ke Penang, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah tokoh nasional menjenguk Ustaz Arifin Ilham yang sekarang tengah terbaring sakit. Mereka pun mengajak masyarakat untuk mendoakan Ustaz Arifin.

Di antara yang menjenguk itu mulai dari tokoh agama seperti Habib Hasan Ja'far As-Segaf, Habib Nabil Musawa, atau Habib Mahdi Alatas. Tetapi, juga tokoh pejabat pemerintah dan politikus seperti Presiden Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KH Ma’ruf Amin, hingga ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

 

Misalnya, Presiden Jokowi yang  mengajak masyarakat mendoakan kesembuhan Ustaz Arifin Ilham.  “Mari mendoakan kesembuhan Ustaz Arifin Ilham yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta,” kata Jokowi melalui akun Instagram pribadinya, Rabu (9/7).

Presiden Jokowi menjenguk Ustaz Arifin yang tengah dirawat akibat kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A. Dalam unggahan itu, Ustaz Arifin terlihat duduk di tempat tidur rumah sakit. Wajahnya terlihat pucat dan lemah.

Dalam foto tersebut, Presiden Jokowi terlihat tengah mendengar Ustaz Arifin yang berbisik sembari bersalaman. Melalui unggahan itu juga, Jokowi mendoakan kesembuhan dan membari semangat Ustaz Arifin Ilham.

“Semoga beliau cepat sembuh, penyakitnya diangkat oleh Allah SWT. Masyarakat menunggu Ustaz Arifin Ilham untuk berdakwah dan berkegiatan seperti sedia kala. Amin,” tulis Jokowi.

Sejumlah warganet memberikan komentar turut mengamini sebait doa yang ditulis Jokowi di unggahan tersebut. Beberapa warnanet juga menuliskan doa-doa untuk Ustaz Arifin Ilham.

Baca juga: Bawaslu: Anies Baswedan Terancam Sanksi Pidana Pemilu

Baca juga: Posenya Disamakan dengan Kasus Anies, Emil Klarifikasi

Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin  juga menjenguk Ustaz Arifin Ilham saat sedang dirawat di RSCM, Jakarta, Selasa (8/1). Menurut Kiai Ma'ruf, pimpinan Majelis Zikir Az Zikra itu merupakan seorang ustaz yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Beliau orang yang sangat dibutuhkan masyarakat yang senantiasa mengajak orang berdzikir kepada Allah karena itu tuntunan dan bimbingannya masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat," ujar Kiai Ma'ruf kepada wartawan usai menjenguk Ustaz Arifin Ilham, Selasa (8/1).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mendoakan agar Ustaz Arifin diberikan kesembuhan oleh Allah dan bisa kembali menjalankan aktifitas dakwahnya.

"Semoga beliau dipanjangkan umurnya, dihilangkan penyakitnya, disembuhkan penyakitnya," ucap Kiai Ma'ruf.

Sementara, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengunjungi Ustadz Arifin Ilham di RSCM, Jakarta Pusat, Rabu (9/1). Prabowo datang dengan mengenakan baju safarinya berwarna coklat dengan celana panjang hitam. Sebenarnya dari jadwal yang dikeluarkan Badan Pemenagan Nasional (BPN), Prabowo Subianto tidak ada jadwal untuk membesuk Ustaz Arifin Ilham.

Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba di RSCM sekitar pukul 16.30 WIB. Dia datang seorang diri tanpa ditemani oleh petinggi Partai Gerindra maupun partai Koalisi Indonesia Adil Makmur. Dalam kesempatan itu, Prabowo memuji tekad dan semangat Pengasuh Majelis Zikir Az Zikra untuk sembuh dari penyakitnya.

"Doa saya untuk kesembuhan Ustad Arifin Ilham yang saat ini terbaring sakit. Tekad dan semangat beliau untuk sembuh sangat kuat," kata Prabowo dalam akun twitternya, Rabu (9/1).

Bahkan, lanjut Prabowo, disela-sela pertemuannya, Ustaz Arifin Ilham sempat menunjukkan video ketika dia berkuda. Memang Prabowo sendiri sangat menggemari olahraga berkuda, bahkan dia memiliki beberapa kuda di kediamannya. "Bahkan di tengah-tengah diskusi beliau sempat menunjukkan video berkuda kepada saya," cuit Prabowo.

 

Sedangkan Ketua Umum ICMI Pusat, Jimly Asshiddiqie mengajak masyarakat mendoakan untuk kesembuhan Ustaz Arifin Ilham yang saat ini sedang terbaring sakit di RSCM Jakarta. "Saya mengajak masyarakat berdoa untuk kesembuhan Ustaz Arifin Ilham. Saya tadi memimpin doa, Ustaz Arifin Ilham walau terbaring sakit, juga ikut berdoa," kata Jimly, di Jakarta, Selasa (8/1).

Menurut Jimly, Ustadz Arifin Ilham masih sangat dibutuhkan masyarakat. "Ustaz Arifin Ilham salah satu ustadz yang sangat dibututuhkan masyarakat. Kegiatan dakwah yang menyejukan dan menenangkan sangat dibutuhkan masyarakat dan bangsa," tutur Guru Besar Tata Negara UI ini.

Dibawa ke Penang

Pada Kamis (10/1), Ustaz Arifin Ilham yang sebelumnya dirawat di RSCM, Jakarta, Kamis (10/1) pagi diberangkatkan ke Penang, Malaysia untuk menjalani perawatan intensif. Keberangkatan itu dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB melalui bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Kabar ini juga dibenarkan oleh H Awaluddin dari Majelis Dzikir Adz-Dzikra. Ia mengatakan, keberangkatan Ustaz Arifin Ilham ke Malaysia untuk berobat sekaligus beristirahat total.

"Kalau di Jakarta kan banyak yang datang (jenguk) jadi nggak bisa istirahat total, karena memang kan butuh istirahat total," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (10/1).

Ia menambahkan, keberangkatan Ustaz Arifin Ilham didampingi oleh anggota keluarga dan beberapa ustaz dari Majelis Dzikir Adz-Dzikra. Awaluddin juga menyebutkan, tidak bisa memastikan berapa lama Ustaz Arifin Ilham akan berada di Malaysia.

"Belum kita pastikan berapa lama di sana, karena memang butuh istirahat total. Sehatlah Insya Allah,  mudah-mudahan nggak lama di sana," ungkapnya.

Baca juga: Capres-Cawapres Diberikan Daftar Pertanyaan Sebelum Debat

Baca juga: Mencari Mushala di Mal

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA