Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Undian 16 Besar Liga Champions: Mengapa MU Dianggap Apes?

Selasa 18 Dec 2018 15:37 WIB

Red: Andri Saubani

Undian babak 16 besar Liga Champions, di markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (17/12).

Undian babak 16 besar Liga Champions, di markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (17/12).

Foto: Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP
Manchester United bertemu Paris Saint-Germain pada babak 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, uefa pada Senin (17/12) merampungkan undian babak 16 besar liga champions musim 2018/2019. Satu laga yang menarik perhatian dan mengundang diskusi hingga meme di media sosial adalah pertemuan antara manchester united (MU) dan Paris Saint-Germain (PSG).

MU di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho saat ini sedang terpuruk di Liga Primer Inggris. Kekalahan terakhir atas Liverpool membuat skuat Iblis Merah terpaut 19 angka dengan the Reds selaku pemuncak klasemen.

Adapun PSG, bisa dibilang sebagai kekuatan baru di Eropa. PSG mampu lolos sebagai juara grup keras, Grup C di atas Liverpool dan Napoli.

PSG sebenarnya memulai penyishan grup C dengan kekalahan dari Liverpool. Tetapi, Neymar dkk kemudian tak terkalahkan pada sisa laga dan total mencetak 17 gol, terbanyak di antara kontestan Liga Champions musim ini.

Mesin gol PSG, yakni Edinson Cavani, Neymar, dan Kylian Mbappe semua mencetak gol pada laga terakhir grup yang berakhir kemenangan 4-1 atas Belgrade. Kemenangan itu memastikan mereka bisa menghindari tim kuat, seperti Barcelona atau Manchester City pada babak 16 besar.

Leg pertama akan digelar di Old Trafford pada 12 Februari. MU pun sepertinya menyiratkan kekhawatiran, lewat wakil mereka, Denis Irwin yang hadir saat pengundian di markas UEFA kemarin.

"Kami jelas tidak bermain baik pada musim ini," kata Irwin, seusai pengundian dikutip Associated Press. "Namun, kami tetap memiliki pemain-pemain fantastis dan pelatih yang tahu bagaimana harus memenangkan pertandingan dan menjuarai suatu kompetisi," kata Irwin melanjutkan.

Irwin boleh bilang MU memiliki pemain fantastis, namun faktanya pemain sekaliber Paul Pogba malah dicadangkan oleh Mourinho pada laga kontra Liverpool. Tidak bisa ditutupi, suasana ruang ganti Iblis Merah sedang tidak harmonis, khususnya di antara Mourinho dan Pogba.

Pogba sedang tidak cedera. Dan Mourinho kepada media seusai kekalahan dari Liverpool menegaskan, sama sekali tidak mempertimbangkan memasukkan Pogba guna meladeni agresivitas serangan Liverpool.

Ditanya alasan tidak memainkan Pogba, Mourinho dikutip Goal, enteng menjawab, "Karena saya senang dengan Matic, Lingard, dan Herrera."

Di media sosial seperti Twitter, segera bertebaran meme yang menyimpulkan MU apes dalam undian babak 16 besar Liga Champions. Perjuangan susah payah Iblis Merah ke fase knock-out diprediksi akan berakhir di kaki trisula lini depan PSG; Neymar, Kylian Mbappe, dan Edinson Cavani.

Akan menjadi ujian berat bagi lini belakang Iblis Merah yang pada musim ini kebobolan 29 gol dari 17 laga di Liga Primer Inggris. Jumlah itu adalah yang kelima terbanyak di antara tim-tim kasta tertinggi di Inggris.

Pelatih PSG, Thomas Tuchel mengaku siap melawan United. Laga melawan MU akan menjadi ujian di level Eropa, menyusul dominasi PSG di Ligue 1 yang tidak terkalahkan dengan koleksi 44 angka.

"Kami memiliki kualitas untuk menang di Old Trafford. Saya percaya diri dengan tim saya, namun itu adalah ujian besar, sebuah tantangan," kata Tuchel, dikutip Telegraph.

Baca juga

Hasil undian

Selain laga MU vs PSG, hasil undian babak 16 besar Liga Champions mempertemukan Liverpool dengan wakil Jerman, Bayern Muenchen. Manchester City akan bertemu Schalke, dan Tottenham Hotspur melawan Borussia Dortmund.

"Sangat jelas itu akan menjadi laga sulit," kata pelatih Liverpool, Juergen Klopp dikutip Associated Press. Pada 2013 saat masih melatih Dortmund, timnya kalah di final dari Muenchen.

Juara bertahan Real Madrid akan melawan Ajax. Madrid dan Ajax secara total telah memenangi 17 gelar dari 63 edisi Liga Champions, namun kedua tim belum pernah bertemu di partai final.

Manchester City yang mengincar gelar pertama Liga Champions, bisa dibilang bertemu dengan lawan lemah. Di Bundesliga, Schalke tengah terseok-seok, berada di peringkat 13 klasemen sementara.

"Saya ingin langsung main pada Rabu ini, tapi kami harus menunggu hingga Februari," kata Direktur Olahraga City, Txiki Begiristain.

Beberapa bulan setelah meninggalkan Real Madrid, Cristiano Ronaldo akan kembali ke ibu kota Spanyol, kala Juventus melakoni babak 16 besar melawan Atletico.Laga pertama babak 16 Liga Champions akan berlangsung pada 12-20 Februari, sementara leg kedua akan digelar pada 5-13 Maret.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA