Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Juve Vs Inter: Gengsi Derby d’Italia

Jumat 07 Des 2018 15:55 WIB

Red: Budi Raharjo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Juventus mendominasi kemenangan di Derby d’Italia.

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh Frederikus Bata

TURIN -- Derby d'Italia yang bergengsi antara dua tim raksasa Negeri Piza, Juventus dan Inter Milan, bakal kembali tersaji. Si Nyonya Tua siap menjamu Nerazzurri pada giornata ke-15 Seri A musim 2018/2019 di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (8/12) dini hari WIB.

Rivalitas klasik kedua kubu membuat tensi menjelang laga meninggi di stadion berkapasitas 41.507 kursi itu. Pelatih Juventus, Massi miliano Allegri, menilai timnya bakal disulitkan Inter.

Ini mengingat Derby d'Italia kerap melibatkan emosi pemain demi mempertaruhkan nama besar tim. Termasuk juga mengamankan posisi papan atas di klasemen sementara Seri A. Saat ini, Juventus memuncaki klasemen sementara Seri A dengan mengantongi 40 angka dari 14 laga. Giorgio Chiellini cs unggul 11 angka dari Inter yang menempati urutan ketiga.

Allegri menaruh respek pada catatan positif La Beneamata menjelang bentrokan di Stadion Allianz. Menurut mantan pelatih AC Milan itu, Derby d'Italia bakal berlangsung menarik dan layak ditonton para pencinta si kulit bundar.

"Laga bakal sengit sekaligus tontonan yang menarik. Melawan tim hebat dengan banyak pemain berkualitas, kami harus memastikan berada dalam kondisi terbaik," kata Allegri, seperti dikutip dari Football Italia, Kamis (6/12).

Inter datang ke Turin dengan kepercayaan diri tinggi. Tercatat dari 10 laga terakhir tim asal Kota Mode itu di Seri A, Inter meraih delapan kemenangan. Sis nya satu kekalahan dan satu hasil imbang. Teranyar skuat Nerazzurri bermain imbang 2-2 melawan AS Roma di Stadio Olimpico.

Itu membuat rentetan hasil positif La Beneamata sedikit tersendat. Alhasil, jarak dengan Juventus di papan klasemen melebar.

Tak ada pilihan lain bagi skuat polesan Luciano Spalletti demi memangkas jarak dengan si Nyonya Tua. Tiga angka krusial di Turin wajib di rebut Inter demi menjaga asa merebut scudetto musim 2018/ 2019 ini. "Saya benar-benar tidak puas jika hanya meraih satu angka di Turin," kata kapten Inter Mauro Icardi.

Performa penyerang be kebangsaan Argentina itu sedang bagus-bagusnya. Sejauh musim 2018/2019 ini berjalan, eks pemain Sampdoria itu telah melakoni 16 laga dan mencetak 11 gol di berbagai kompetisi. Icardi juga baru saja terpilih sebagai pemain terbaik Seri A musim 2017/2018. Otomatis predikat itu membuat kepercayaan diri bomber ber usia 25 tahun itu semakin melambung.

Hanya saja, bukan perkara mudah menjebol gawang Juventus. Terbukti, Bianconeri belum terkalahkan di kompetisi terelite Negeri Spageti. Sebuah rekor baru diciptakan Paulo Dybala cs. Juventus menjadi tim Italia pertama yang meraih 40 angka dari 14 pertandingan. Hal tersebut gambaran konsistensi si Nyonya Tua. Belum lagi bicara ke dalaman skuat.

Apalagi, Juventus bermaterikan para pemain dengan kemampuan merata di setiap lini. Terbukti ketika badai cedera melanda, tren kemenangan Bianconeri belum terputus. Makin lengkap ketika lini depan tuan rumah diisi oleh sang monster, Cristiano Ronaldo.

Sejauh musim ini berjalan, eks pemain Real Madrid itu telah mencetak 10 gol di Seri A. Ini sinyal bahaya bagi pertahanan Inter. Akan tetapi, Juventus bukan cuma Ronaldo seorang. Masih ada Dybala, Mario Mandzukic, hingga Juan Cuadrado yang bisa membuat perbedaan ketika laga genting.

photo

Derby d'Italia.

Sejumlah legenda hidup tim nasional (timnas) Italia mengomentari Derby d'Italia ini. Mantan jenderal lapangan tengah Juventus, Andrea Pirlo, menilai tuan rumah lebih difavoritkan ketimbang tim tamu. Ia memprediksi, laga bakal berlangsung dengan tensi tinggi.

Sementara itu, Christian Vieri yang merupakan eks bomber Inter berpendapat tak ada yang benar-benar dominan di partai seperti ini. Ia meyakini, Inter bakal menjinakkan si Nyonya Tua.

Duel sengit di Turin ini bakal menjadi Derby d'Italia kali ke-234. Tercatat dari 233 Derby d'Italia yang sudah berlangsung, Juventus menang 105 kali, Inter menang 71 kali, dan sisanya 57 laga berakhir imbang. n ed: citra listya rini

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Des 2018, 21:31 WIB