Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Kemelut Penerus Takhta Raja Saudi Usai Pembunuhan Khashoggi

Rabu 21 Nov 2018 14:44 WIB

Red: Budi Raharjo

Ilustrasi Muhammad bin Salman

Ilustrasi Muhammad bin Salman

Foto: Foto : MgRol112
Pangeran Ahmed diyakini akan dapat dukungan penuh dari anggota keluarga kerajaan.

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh Lintar Satria

RIYADH -- Puluhan pangeran dan sepupu dalam keluarga al-Saud yang berkuasa di Arab Saudi tak menginginkan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) naik takhta. Hal itu dipicu kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi yang menjadi sorotan dunia internasional.

Sedangkan, tiga sumber kerajaan yang dikutip Reuters, Selasa (20/11), sosok favorit untuk meneruskan takhta jika Raja Salman (82 tahun) meninggal dunia adalah Pangeran Ahmed bin Abdulaziz (76 tahun), adik seayah dan seibu dari raja saat ini. Sang pangeran menjadi wakil menteri dalam negeri selama 40 tahun terakhir.

Meski tak menginginkan MBS naik takhta, mereka tak akan bertindak selama Raja Salman masih hidup. Mereka menyadari, sang raja tak mungkin berpaling dari MBS yang merupakan putra kesayangannya.

Salah satu sumber menyebutkan, Pangeran Ahmed diyakini akan mendapatkan dukungan penuh dari anggota keluarga kerajaan, jajaran militer, dan sejumlah negara Barat. Sang pangeran pulang ke Riyadh pada Oktober setelah berada di luar negeri selama 2,5 bulan. Ia sempat mengkritisi kepemimpinan Saudi ketika menanggapi para pengunjuk rasa di luar kediamannya di London, Inggris, yang memprotes dinasti al-Saud.

Pangeran Ahmed dikenal sebagai salah satu dari tiga orang di Allegiance Council atau Dewan Kepatuhan yang menolak MBS menjadi putra mahkota pada 2017 silam. Saat itu, penunjukan MBS sebagai putra mahkota didukung oleh 31 dari 34 anggota Dewan Kepatuhan.

Sampai saat ini, baik Pangeran Ahmed maupun saudara-saudaranya belum berhasil dimintai komentar. Sementara itu, Kerajaan Arab Saudi pun menolak memberikan pernyataan.

Bersambung ke halaman berikutnya

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES