Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Persamaan Khabib dan Lalu Muhammad Zohri

Selasa 09 Oct 2018 16:20 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/Anggoro/ Red: Teguh Firmansyah

Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Foto: AP/John Locher
Khabib dilaporkan berlatih dengan beruang sejak dari kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, Khabib Nurmagomedov dielu-elukan setelah kemenangannya atas Conor McGregor dalam pertarung menentukan di Ultimate Fighting Championship (UFC) di Las Vegas, AS, akhir pekan lalu. Khabib membungkam Conor yang kerap mengeluarkan kata-kata kasar dan rasis.

Namun kedigdayaan Khabib di dunia tarung bebas ini bukan diraih dalam semalam. Sejak kecil Khabib dikenal sudah berlatih gulat. Tak tanggung-tanggung, seperti dikutip NBC Sport, Khabib sudah bertarung dengan gulat di kampung halamannya di Dagestan, Rusia dalam usia sembilan tahun. 

Dalam cuplikan video itu, terlihat seorang anak kecil dengan mengenakan sweater merah-biru tua bergulat dengan beruang yang dirantai. Sesekali bocah yang digambar sebagai Khabib itu berada di atas beruang, dan ada saat-saat momen ia dijatuhkan beruang.

"Tuan Nurmagomedov telah bergulat sepanjang hidupnya. Ini menyenangkan, iya, dan kita beruntung menyaksikannya. Ia adalah 'Fighting Fish"+ menghancurkan lawan-lawan di dalam kolam airnya," tulis Robin Black MMA lewat akun Twitternya, pada April lalu.  Dengan kemenangan atas McGregor, Khabib memperpanjang rekor tak terkalahkannnya menjadi 27-0.

Berlatih dengan hewan bukan hanya dilakukan oleh Khabib. Pelari Indonesia yang menjadi juara dalam ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 untuk nomor 100 meter putra, Lalu Muhammad Zohri, juga melakukan hal sama. Bedanya, Zohri tak berlatih dengan beruang, melainkan anjing dan ayam. 

photo
Atlet lari Indonesia Lalu Muhammad Zohri usai tiba di garis finish pada babak semi final cabang olahraga atletik Asian Games 2018 kategori lari 100 meter putra di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, (Ahad (26/8).


Kepala Dusun Karang Pangsor Soni Hadi mengatakan, bakat lari Zohri sudah terlihat sejak kecil. Zohri, kata dia, kerap menggangu anjing yang ada di sekitar rumahnya. Tujuannya hanya satu, agar bisa dikejar oleh sang anjing. Dengan begitu, Zohri akan berlari sekencang-kencangnya.

Selain anjing, lanjut Soni, Zohri juga dikenal sebagai penangkap ayam yang andal. Para tetangga yang mempunyai ayam, kerap meminta bantuan Zohri untuk menangkap ayamnya.

"Kalau mau Lebaran, warga sini minta tolong cari Zohri tangkap ayam karena kencang larinya dan kuat fisiknya, betul ketangkep ayamnya, dia yang tangkap sendirian," ujar Soni kepada Republika.co.id di rumah Zohri, Lombok Utara, NTB, Kamis (12/7).

Soni mengatakan, kebiasaan lari cepat Zohri sudah diketahui warga sejak dia SD dan SMP. "Dari kecil memang larinya kencang," lanjutnya. Meski begitu, Soni dan warga sekitar tidak pernah menyangka kebiasaan lari Zohri mengantarkannya ke pentas dunia.

Kemenangan khabib tercederai

Kemenangan Khabib dicederai dengan kericuhan pascapertandingan. Khabib meloncati ring lalu bertengkar dengan tim dari McGregor. Ia seperti tak kuat lagi menahan amarah atas ledekan yang dilayangkan kubu McGregor. Sementara, seorang berkaus merah tampak terlihat masuk ke dalam ring lalu memukul McGregor.

Petugas mencoba melerai pertikaian di luar ring tersebut dan mengawal Khabib keluar. Tak ada pengumuman atau prosesi penyerahan sabuk juara seperti pertandingan tarung bebas pada umumnya.

Ketika ditanya apa yang menyebabkan ia marah, Khabib menyebut soal ketegangannya dengan McGregor menjelang pertarungan serta serangan bus pada April lalu. "Orang-orang bicara tentang mengapa saya melompat dari ring," kata Khabib.

"Saya juga manusia, bagaimana soal ia (McGregor) bicara tentang agama saya, tentang negara, tentang ayah, ia (McGregor) datang ke Brooklyn lalu merusak bus, hampir saja menewaskan satu pasangan, bagaimana tentang ini?" ujar Khabib seperti dikutip RT.

Dalam konferensi pers bersama, McGregor kerap memprovokasi Khabib. Salah satunya dengan memberikan wiski. Namun, Khabib menolak minum karena dia adalah seorang Muslim.

Meski banyak yang membelanya, ayah Khabib menyayangkan sikap brutal putranya tersebut usai pertandingan. Abdulmanap kepada televisi Rusia mengatakan, akan memberikan pelajaran keras dan sanksi ke putranya tersebut. "Kita harus memiliki sikap disipilin dan tenang," ujarnya kepada Channel One TV.

"Di dalam ring kalian bisa melakukan apa pun yang kalian suka. Tapi, di luar batas itu,  semua harus berjalan dengan damai." Ayah Khabib dilaporkan tak bisa ke Las Vegas karena ditolaknya visanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA