Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Madrid Mulai Biasakan Diri tanpa Ronaldo

Rabu 19 Sep 2018 12:39 WIB

Red: Didi Purwadi

Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah mencetak gol pertamnya di Liga Itali ke gawang tim Sassuolo pada pertandingan Liga Serie A Itali di Stadion Allianz, Turin, Italia, Ahad (16/9)

Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah mencetak gol pertamnya di Liga Itali ke gawang tim Sassuolo pada pertandingan Liga Serie A Itali di Stadion Allianz, Turin, Italia, Ahad (16/9)

Foto: Alessandro Di Marco/EPA EFE
Ronaldo sebagai pemain paling subur sepanjang sejarah Liga Champions dengan 120 gol.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Eko Supriyadi, Frederikus Bata, Febrian Fachri

Real Madrid akan memulai perjalanannya mempertahankan gelar Liga Champions pada Kamis (20/9) malam dini hari WIB nanti. Namun, sang juara bertahan kini harus berjuang tanpa sang pemain bintang Cristiano Ronaldo yang telah berbaju Juventus.

Liga Champions musim ini memang akan menjadi ajang pembuktian apakah Madrid tetap mampu menjadi jawara Eropa meski tak lagi diperkuat Ronaldo. Karena, dalam lima tahun terakhir, Ronaldo sukses membawa Madrid empat kali menjuarai Liga Champions. Termasuk gelar Liga Champions berturut-turut dalam tiga tahun terakhir ini.

Ronaldo juga menjadi 'lumbung gol' Real Madrid di pentas Eropa. Dalam lima tahun terakhir, winger timnas Portugal itu selalu mampu menjadi top skorer Liga Champions. Ia tahun lalu menjadi top skorer dengan mengoleksi 15 gol dari 1.170 menit membela Madrid di kancah Eropa.

CR7, demikian julukan Ronaldo, secara total menyumbang 105 gol dari 101 kali memperkuat Real Madrid di pentas Liga Champions sejak musim 2009-2010. Ronaldo pun tercatat sebagai pemain paling subur sepanjang sejarah Liga Champions dengan rekor 120 gol dari 153 penampilan (Manchester United dan Real Madrid) sejak 2003. Ronaldo mengalahkan Lionel Messi yang menempati posisi kedua dengan 103 gol dari 126 memperkuat Barcelona dalam ajang Liga Champions sejak 2005.

Rekor di atas membuktikan bahwa Liga Champions seakan menjadi ajangnya Ronaldo. Kini, tanpa kehadiran Ronaldo, apakah Real Madrid tetap mampu bersinar di pentas teratas Eropa tersebut?

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA