Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Cristiano Ronaldo, Sebuah Transfer Genius Juventus

Rabu 11 July 2018 18:45 WIB

Red: Andri Saubani

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: EPA-EFE/JUAN CARLOS HIDALGO
Kedatangan Cristiano Ronaldo diyakini sebagai langkah penting sepak bola Italia.

REPUBLIKA.CO.ID,

"Kedatangan Cristiano Ronaldo sangat penting bagi sepak bola Italia."

Kalimat itu diucapkan oleh mantan pelatih Real Madrid, Fabio Capello setelah mengetahui Juventus resmi mendapatkan Cristiano Ronaldo. Dilaporkan Football Italia, Selasa (10/7), Capello pun memuji 'kerja genius' tim direktur di Juve.

Transfer Ronaldo ke Juventus telah rampung kemarin dengan nilai 100 juta euro plus 12 juta euro untuk klub-klub Ronaldo sebelumnya, Sporting CP dan Manchester United. Beberapa laporan mengklaim, Ronaldo, kini 33 tahun, diikat dengan kontrak 30 juta euro per tahun untuk empat musim.

"Kedatangan Ronaldo sangat penting untuk sepak bola Italia, seorang genius untuk Juventus dan semua di Italia," kata dikutip Sky Sport Italia.

Meski tidak pernah bekerja bersama Ronaldo sebelumnya, Capello sangat paham kondisi Juventus dan Madrid. Ia pun menilai, pembelian Ronaldo adalah investasi yang akan meningkatkan finansial Juve.

"Ronaldo ada sebuah mesin uang yang akan membawa banyak bisnis untuk Juventus," kata Capello.

Sejak berita Juventus mengajukan tawaran kepada Madrid merebak pada 2 Juli lalu, harga saham Juventus langsung melonjak hingga 34,8 persen. Harga saham Juve mencapai angka tertinggi sejak 10 Mei, yakni menyentuh angka 0,898 euro per lembar saham.

photo

Fluktuasi Harga Saham Juventus [sumber: Business Insider]

Capello tak lupa memuji bos-bos Juve, seperti Andrea Agnelli dan Beppe Marotta, yang dinilainya telah melancarkan 'kudeta' di sepak bola dunia. Kedatangan Ronaldo, kata Capello, juga akan membuka pintu bagi klub-klub Serie A lainnya mengikuti langkah Juve.

"Sekarang kita membutuhkan presiden (baru) AC Milan yang baik dan dari sana, sepak bola Italia bisa menghasilkan prestasi-prestasi terbaik."

Capello yakin, Ronaldo akan mudah beradaptasi di Juve. Ronaldo telah membuktikan dirinya bertransformasi dari seorang winger menjadi striker murni dalam kariernya.

“Dia selalu menjaga kondisi fisik tubuhnya sehingga saya meragukan akan ada masalah dalam hal kebugaran. Jujur, awalnya saya tak berpikir Juve akan mendapatkan Ronaldo."

Apa yang dikatakan Capello bisa jadi banyak benarnya. Meski usianya telah melampaui kepala tiga, Ronaldo saat ini tidak dalam fase senjakala kariernya.

Pada musim terakhirnya bersama Madrid, keran gol Ronaldo tak pernah seret. Begitu pun dengan rekor-rekor baik yang diukirnya secara pribadi maupun bersama klub.

Yang paling mentereng adalah catatan statistik Ronaldo saat meraih trofi Liga Champions musim 2017-2018. Ronaldo mencetak 15 gol dan menjadikannya top skorer Liga Champions selama enam musim beruntun. Salah satu gol spektakuler adalah kala Ronaldo dengan tendangan balik badannya menjebol gawang Juventus pada babak perempat final.

The Sun pada akhir Mei pernah membuat laporan khusus tentang bagaimana Ronaldo menjaga kebugaran tubuhnya. Pada usianya yang telah mencapai 33, Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan performa di lapangan.

"Saat ini umur biologis saya adalah 23 tahun. Saya masih punya banyak waktu tersisa, saya masih bisa bermain sampai umur 41," kata Ronaldo.

Ronaldo tidak memiliki formula rahasia soal bagaimana dia menjaga kebugaran fisiknya. Dedikasi di ruang gym, istirahat yang cukup, dan diet ketat adalah beberapa kunci keberhasilannya.

Berenang pascalaga juga menjadi bagian penting dari rezim latihan fisiknya. Saat pemain lain biasanya duduk di depan televisi seusai laga, Ronaldo langsung menuju kolam renang di mansionnya di Madrid.

Salah satu senjata rahasia Ronaldo adalah sebuah ruang kriptoterapi, tempat dirinya meregenerasi otot. Seperangkat alat seharga 50 ribu pound terinstal di rumahnya. Berdiri di ruangan kriptoterapi selama tiga menit, Ronaldo membiarkan tubuhnya dibekukan oleh cairan nitrogen dalam suhu antara minus 160-200 derajat Celsius.

Kriptoterapi merelaksasi otot-otot yang tegang dan membuat Ronaldo lebih cepat siap menghadapi latihan untuk laga selanjutnya. Istirahat dan regenerasi menjadi bagian terpenting dalam latihan fisik Ronaldo.

Ronaldo tidak pernah melewatkan malam tanpa tidur minimal selama delapan jam. “Saya biasa tidur lebih awal dan bangun lebih awal, khususnya sebelum pertandingan. Tidur membantu pemulihan otot," kata Ronaldo.

Selain itu, menurutnya, waktu bersama keluarga adalah bagian penting demi kesehatan mentalnya. "Latihan fisik sangat penting, tapi hidup dalam keadaan relaks membantu saya dalam keadaan mental terbaik," Ronaldo melanjutkan.

Semua latihan fisik yang keras itu tidak akan berarti tanpa diimbangi pengaturan diet yang baik. Ronaldo bukan seorang vegetarian, tapi dia membatasi asupan daging karena kaya lemak.

Ikan adalah pilihan utama dalam menu keseharian Ronaldo. Favoritnya adalah Bacalao a la Brasa, campuran panggangan ikan kod, bawang bombai, irisan tipis kentang, dan telur orak-arik.

“Saya memakan banyak protein dengan karbohidrat dari gandum utuh, buah, dan sayuran. Saya menghindari makanan mengandung gula," kata Ronaldo menerangkan.

Sejak 2005, Ronaldo antialkohol. Bukan hanya menyadari dirinya seorang atlet, kematian ayahnya akibat alkoholisme saat Ronaldo baru berusia 20 tahun membuat Ronaldo mengambil keputusan untuk tidak sama sekali meminum minuman beralkohol.

Masa depan Juventus

Juventus lewat laman resminya pada Selasa (10/7) telah mengumumkan Ronaldo sebagai pemain baru mereka. Sky Sports kemarin menurunkan laporan bahwa Ronaldo akan cocok untuk Juventus. Juventus adalah klub yang kini dominan di Italia, memenangi tujuh gelar Serie A secara beruntun.

Namun, di Eropa, Juventus sudah tidak menjuarai Liga Champions sejak musim 1995/1996. Bersama Ronaldo, peluang Juve untuk menjadi jawara di Eropa kembali terbuka.

Pelatih Max Allegri pun meyakini, kedatangan Ronaldo akan ‘menandai sebuah langkah untuk semua orang di klub'.

“Ketika kami memulai lagi pada 30 Juli dan semua orang kembali, kami akan menghadapi tahun penting di depan kami," kata Allegri.

Menurut Allegri, Ronaldo adalah tambahan penting bagi Juventus. Allegri memuji klub dan presiden yang telah melakukan sesuatu luar biasa tidak hanya untuk Juve, tapi juga untuk sepak bola Italia.

“Bagaimana dia (Ronaldo) akan bermain? Seperti bisa: Mencoba mencetak gol."

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA