Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Surat Perpisahan Ronaldo untuk Real Madrid

Selasa 10 Juli 2018 23:33 WIB

Red: Andri Saubani

Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo.

Foto: EPA-EFE/JAVIER ETXEZARRETA
Real Madrid hari ini mengonfirmasi Ronaldo akan meninggal klub.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Cristiano Ronaldo telah memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid. Ia pun mempersembahkan surat perpisahan untuk Real Madrid dan fan.

Surat yang kemudian diunggah di laman Real Madrid, Selasa (10/7) malam WIB, terbaca:

"Tahun-tahun di Real Madrid, dan di kota ini, telah menjadi masa yang paling membahagiakan dalam hidup saya. Saya hanya memiliki perasaan bersyukur yang besar untuk klub ini, untuk laga dan kota ini. Saya hanya bisa mengucap terima kasih untuk semua cinta dan kasih sayang yang selama ini saya terima."

Ronaldo juga mengekspresikan bahwa kini saatnya yang tepat untuk dirinya pergi. 

"Namun, saya percaya bahwawaktunya telah datang untuk membuka panggung baru dari hidup saya dan itu kenapa saya meminta kepada klub untuk menerima permohonan saya. Saya memohon kepada semua, khususnya pengikut saya untuk dapat mengerti."

Setelah sembilan tahun, 16 trofi juara, dan 451 gol, Ronaldo meninggalkan Real Madrid. Bintang Portugal, yang kini berusia 33 tahun, segera bergabung dengan Juventus dengan nilai transfer yang dilaporkan CNN, Selasa, mencapai 117 juta dolar AS.

"Real Madrid ingin menyampaikan terima kasih kepada seorang pemain yang telah membuktikan sebagai yang terbaik di dunia dan telah berperan dalam masa terbaik dalam sejarah klub dan sepak bola dunia," demikian keterangan resmi Real Madrid.

Ronaldo bergabung dengan Madrid dari Manchester United pada 2009 dengan memecahkan rekor transfer dunia 80 juta pound (106 juta dolar AS) dengan klausul kontrak pembelian-kembali sebesar 1 miliar euro. Dia kemudian menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Madrid, memenangi empat gelar Liga Champions, dua gelar La Liga dan dua Copa del Rey.

"Bagi Real Madrid, Cristiano Ronaldo akan menjadi salah satu simbol kebesaran klub dan sebuah referensi unik untuk generasi mendatang," kata klub Real Madrid.

Beberapa laporan media Spanyol menyebutkan, Ronaldo tak lagi bahagia di Madrid meski setiap akhir tahun selalu disodorkan kontrak baru. Salah satunya terungkap saat Madrid menjuarai Liga Champions pada 26 Mei silam. Saat itu, seusai laga, kepada media Ronaldo berkata, "Saya akan bicara dalam beberapa hari ke depan (soal kepindahannya dari Madrid)."

Seperti dilaporkan Football Italia, Selasa, rumor kepindahan Ronaldo dari Madrid ke Juventus mulai merebak sejak sebulan lalu. Ketertarikan Juve segera memunculkan kemungkinan bahwa Ronaldo menyetujui kontrak 30 juta pound per musim.

Pada hari ini, agen Ronaldo, Jorge Mendes bertemu dengan pihak Real Madrid, untuk mendengar apakah tawaran Si Nyoya Tua telah diterima. Sementara, Presiden Juve, Andrea Agnelli dilaporkan terbang ke Yunani untuk bertemu Ronaldo yang sedang berlibur.

Lewat laman resminya, Juventus, pada Selasa menyambut Cristiano Ronaldo. "Cristiano Ronaldo akan mengenakan kostum Bianconera untuk empat musim ke depan," demikian keterangan resmi klub.

Sky Sports hari ini menurunkan laporan bahwa Ronaldo akan cocok untuk Juventus. Juventus adalah klub yang kini dominan di Italia, memenangi tujuh gelar Serie A secara beruntun.

Namun, di Eropa, Juventus sudah tidak menjuarai Liga Champions sejak musim 1995/1996. Bersama Ronaldo, peluang Juve untuk menjadi jawara di Eropa kembali terbuka.

Rekan setim Ronaldo di Madrid, telah menyampaikan salam perpisahan. Lewat akun resmi Twitter-nya, Ramos mengunggah kalimat perpisahan sambil menyertakan foto dirinya dan Ronaldo saat berlaga untuk Madrid.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES