Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Prabowo Mencari Calon Wakil Presiden

Jumat 09 March 2018 08:37 WIB

Red: Elba Damhuri

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) berfoto bersama Presiden PKS Sohibul Iman (kiri), Sekjen PAN Eddy Soeparno (kanan) serta Pasangan Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Koalisi Asyik, Sudrajat (kedua kiri) - Ahmad Syaikhu (kedua kanan) saat melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (1/3).

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berbincang-bincang dengan Panglima Angkatan Singapura Perry Lim di Istana Presiden Singapura, Senin (5/3).

Foto:
Ada tiga nama kuat dari sisi elektabilitas yang bisa mendampingi Prabowo. Siapa saja?

Anies Baswedan naik menjadi 4,5 persen dari sebelumnya pada Oktober 2017 sebesar 4,4 persen. AHY juga meningkat. Dari survei terakhir pada Oktober tahun lalu di bawah satu persen, kini naik menjadi 3,3 persen.

Hasil survei lembaga-lembaga lain pun menyebutkan elektabilitas Gatot dan Anies lebih tinggi dibandingkan dengan calon-calon lain, baik sebagai capres maupun cawapres. Anies, misalnya, jika disandingkan dengan Prabowo tidak hanya akan mengangkat elektabilitas Prabowo, tetapi elektabilitas Anies juga.

Bagaimana dengan nama-nama yang disodorkan PKS? Hasil penjaringan internal PKS untuk diusung sebagai capres atau cawapres sudah disebar ke publik.

Ada sembilan nama yang diusung, yaitu: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan; Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid; mantan presiden PKS Anis Matta; dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Nama lainnya, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman; Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf AlJufrie; mantan presiden PKS Tifatul Sembiring; Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf; dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Irwan Prayitno menyatakan tidak ada komentar dulu terkait dengan pencalonannya sebagai capres atau cawapres PKS. Irwan bersama Ahmad Heryawan tercatat sebagai gubernur yang sukses menjalankan program-program kerjanya sehingga dianggap layak maju sebagai RI-1 atau RI-2.

Siapa yang akan dipilih koalisi Gerindra-PKS sebagai capres dan cawapres untuk pilpres 2019, masih menunggu waktu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES