Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Catatan Indah Chelsea Atas Barcelona

Selasa 20 February 2018 08:54 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Elba Damhuri

Chelsea vs Barcelona

Chelsea vs Barcelona

Foto: republika
Messi punya rekor buruk saat tampil di Stamford Bridge pada laga Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duel spektakuler akan tersaji di leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Chelsea melawan Barcelona di Stadion Stamford Bridge, Rabu (21/2) dini hari WIB. Laga ini bukan sekadar duel dua kesebelasan bertabur bintang, melainkan tradisi menjaga gengsi kemenangan ketika bermain di rumah sendiri.

Chelsea diuntungkan mengingat mereka memiliki kisah manis ketika bertarung dengan Barca di Stamford Bridge. Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, the Blues hanya menelan satu kekalahan dengan tiga kemenangan saat bermain dihadapan pendukung sendiri. Selebihnya, kedua tim bermain imbang.

Kenangan terindah the Roman Emperor ketika menyingkirkan Barca terjadi pada babak semifinal musim 2011/2012. Pada musim itu, Chelsea memetik buah kerja keras dengan keluar sebagai juara Liga Champions mengalahkan Bayern Muenchen.

Satu catatan lain yang patut disimak pada laga nanti adalah sosok Lionel Messi. Sebab, La Pulga memiliki rekor buruk ketika menghadapi Chelsea. Dalam delapan laga terakhir magis Sang Dewa seketika sirna saat merumput di stadion berkapasitas 41,631 bangku penonton itu. Dirinya tak pernah sekalipun merobek gawang lawan (Chelsea).

 

Untuk itu, Chelsea berharap terus berada dalam romantisme tersebut mereka tentu mengharapkan kemenangan dari sang rival, bahkan menyingkirkan Los Cules untuk melangkah ke fase selanjutnya.

"Saya berharap kami dapat mempertahankan tradisi tersebut (menjegal Messi untuk tidak mencetak gol). Tetapi, kami sedang berbicara mengenai pemain fantastis (Lionel Messi). Kami harus memiliki rasa hormat yang besar, namun pada saat bersamaan kami harus bersemangat untuk memainkan pertandingan ini dan menghadapi tantangan seperti ini," ucap pelatih Chelsea Antonio Conte dikutip Evening Standard, Ahad (18/2).

Meski demikian, Conte tak ingin timnya hanya terfokus pada Messi. Pasalnya, Barca memiliki 11 pemain hebat lainnya. Penampilan gemilang Paulinho dan juga naluri gol yang kembali ditemukan oleh Luis Suarez menjadi teror untuk Head Hunters, pendukung garis keras Chelsea.

"Ini tidak akan berjalan mudah karena kami tahu dengan sangat baik pemain ini. Kami berbicara mengenai salah satu pemain terbaik di dunia. Namun, kami pasti akan bekerja bersama, bekerja dengan tim, tapi tidak hanya untuk menghentikannya. Jika kita hanya fokus terhadap Messi, maka itu sangat berbahaya bagi tim," kata allenatore kelahiran Lecce, Italia, 48 tahun silam itu.

Satu hal yang patut diwaspadai oleh Chelsea saat ini adalah mentalitas pemain mereka yang tampil inkonsitensi dalam beberapa laga terakhir Liga Primer Inggris. Hal itu tentu menjadi pertimbangan bagi si Biru di tengah superioritas pasukan Ernesto Valverde musim 2017/2018 ini.

Ditanya tentang perbandingan tersebut Conte tak merasa rendah diri. Dia bahkan menggaransi, apabila Chelsea telah menemukan kelemahan Blaugrana. "Kami telah menganalisis tim ini (Barca) untuk waktu yang lama. Mereka memiliki karakteristik yang fantastis dengan bola, tapi mereka bisa memiliki kelemahan tanpa bola dan kami harus mencoba mengeksploitasi hal itu," kata eks pelatih timnas Italia itu.

Hal senada juga diucapkan oleh pemain tengah the Blues Cesc Fabregas. Eks pemain Barcelona itu menegaskan, apabila laga kali ini merupakan pertandingan besar dan berharap timnya dapat meraih hasil positif.

"Ini pertandingan besar untuk semua orang dan saya berpikir, terutama untuk sepak bola Inggris. Senang sekali bisa menyambut tim terbaik di benua Eropa. Ini adalah malam yang sangat besar bagi para pemain, untuk klub. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya dengan baik dan memberi gambaran bagus dengan performa terbaik," kata dia dilansir laman resmi klub, Senin (19/2).

Conte kemungkinan akan kembali mengusung skema tiga bek sejajar dengan mengandalkan Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, dan Antonio Ruediger. Sementara di lini tengah, Cesc Fabregas dan N'Golo Kante tentu menjadi pilihan utama ditemani oleh dua sayap mereka, Marcos Alonso dan Victor Moses.

Adapun untuk lini depan, Conte menegaskan, jika Alvaro Morata tengah berada dalam kondisi prima setelah menjalani latihan bersama tim dalam sepekan terakhir. Morata bisa menjadi mesin gol di lini gedor the Blues dibantu oleh dua gelandang serang, Eden Hazard dan Willian.

Di sisi lain, Barcelona yang sukses menjaga jarak dengan Atletico Madrid di klasemen La Liga Spanyol tentu berambisi melanjutkan tren baik tersebut saat berkunjung ke London Barat.

Pelatih Barca Ernesto Valverde pun berjanji untuk memberikan kejutan kepada Chelsea pada pertarungan Liga Champions kali ini. Bos Barca bersikeras mereka akan tampil habis-habisan untuk memanfaatkan gol tandang.

"Tugas kami adalah fokus dalam satu pertandingan ke pertandingan lain. Tidak mudah meraih kemenangan di Ipuria melawan (Real Betis). Tapi, malam ini adalah cerita lain, pertandingan tersebut sangat penting bagi kami untuk menang dan mendapatkan momentum. Kami senang dengan apa yang terjadi dan itu berarti kita melakukan sesuatu dengan benar. Sekarang kita harus melanjutkannya," kata pelatih asal Basque dikutip Mirror, Senin (19/2).

Pada kesempatan yang berbeda, bek tengah Barca Gerard Pique meminta rekan setimnya untuk menjaga fokus permainan selama pertandingan berjalan. "Anda harus pergi ke sana dengan persiapan yang matang dan siap menghadapi tantangan. Satu hasil buruk bisa membuat Anda pergi dari tahun yang sangat baik. Jadi, situasi itu sungguh tidak bagus," kata Pique.

Berbicara mengenai statistik, saat ini Barca tentu lebih diunggulkan ketimbang tuan rumah. Namun, bagi Pique hal itu ditentukan ketika bermain di atas lapangan. "Selama bermain untuk Barcelona, Anda akan menjadi favorit memenangi berbagai pertandingan dan memang berpeluang meraihnya. Kami memang mengalami situasi positif saat ini. Namun, kami juga harus waspada dan belajar mengenai pengalaman pahit."

Barca akan membawa 21 pemain mereka pergi ke London Barat. Beberapa nama akan absen, yakni Philippe Coutinho dan Nelson Semedo. Sementara untuk Thomas Vermelen sudah dapat memperkuat tim. Namun, keputusan akhir jatuh pada Valverde.

Eks juru taktik Athletic Bilbao telah mentransformasi skema 4-3-3 yang melekat di tubuh Barca dengan menerapkan formasi 4-4-2. Sejauh ini, taktik tersebut berjalan dengan mulus dengan meletakan empat gelandang terbaik.

Berkaca dari lima pertemuan terakhir, Chelsea memiliki catatan bagus dengan meraih satu kemenangan dan empat hasil imbang.

Berikut lima rekor pertemuan Chelsea versus Barcelona:

24/04/2012 Barcelona 2-2 Chelsea

18/04/2012 Chelsea 1-0 Barcelona

06/05/2009 Chelsea 1-1 Barcelona

28/04/2009 Barcelona 0-0 Chelsea

31/10/2006 Barcelona 2-2 Chelsea

Prediksi susunan pemain Chelsea : 3-4-2-1 (3-4-3)

Pelatih: Antonio Conte

Pemain: Thibaut Courtois; Rudiger, Garry Cahill, Azpilicueta; Marcos Alonso, N'Golo Kante, Cesc Fabregas, V Moses; Eden Hazard, Willian; Morata

Prediksi susunan pemain Barcelona : 4-4-2

Pelatih: Ernesto Valverde

Pemain: Ter Stegen; Jordi Alba, Umtiti, Pique, Sergi Roberto; Sergio Basquet, Rakitic, Iniesta, Paulinho; Messi, Suarez

(Pengolah: abdullah sammy).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES