Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Menyedihkan, Orangutan Kalimantan Justru Diselamatkan oleh Warga Inggris

Sabtu 28 Jan 2012 08:44 WIB

Red: Endah Hapsari

Orangutan Kalimantan yang diselamatkan warga Inggris

Orangutan Kalimantan yang diselamatkan warga Inggris

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, Meski terus dikecam, ternyata pembunuhan terhadap orangutan terus terjadi. Bahkan, peristiwa itu nyaris terulang bila tidak ada kelompok pelindung binatang dari Inggris yang peduli dengan hal ini.

Adalah Four Paws, kelompok pelindung binatang internasional yang berbasis di Inggris, yang berhasil menyelamatkan nyawa sepasang ibu dan anak ini.

Mereka tiba pada waktunya ketika para penjagal siap membunuh orangutan ini. ''Kedatangan kami sangat tepat waktu,'' ujar Signe Preuschoft, ahli primata dari Four Paws.

Sebenarnya, orangutan ini sudah sempat menjadi binatang asuh mereka. Namun, mereka tetap harus dilepas ke hutan. Namun, sebelum itu si induk dilengkapi dengan perangkat radio sehingga keberadaan mereka dapat terus dilacak.
Ternyata, langkah antisipatif itu amat berguna. Hanya terlambat beberapa menit saja ceritanya bisa berbeda.''Kami melihat ada sekelompok pria yang mengelilingi mereka dan kedua 'sasaran' itu terlihat sangat ketakutan.''
Selama ini pihak Four Paws kerap menangani bayi orangutan yang ditinggal mati oleh induknya. Mereka kemudian diajari berbagai keterampilan agar dapat kembali lagi ke hutan.
Pihak Four Paws menyebutkan, meski pembunuhan orangutan di Indonesia termasuk ilegal, ''Ternyata, penegakan hukumnya masih lemah.''

sumber : dailymail
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA