Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Orang Tua Diimbau Waspada Penggunaan Gawai

Kamis 01 Mar 2018 20:44 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih

Orang tua perlu mengajarkan tanggung jawab ke anak, termasuk mengenai apa yang dibicarakan atau dilihatnya di gadget.

Orang tua perlu mengajarkan tanggung jawab ke anak, termasuk mengenai apa yang dibicarakan atau dilihatnya di gadget.

Foto: ist
Orang tua akan kekurangan waktu dengan anak jika dibiarkan terbiasa dengan gadget.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Saat ini perkembangan teknologi terus berkembang pesat. Tak pelak penggunaan gawai menjadi marak digunakan dalam keluarga.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengimbau agar setiap orang tua tetap harus waspada dan terus mengawasi segala aktivitas anak-anak dalam penggunaan gadget.

Berdasarkan pengalamannya dahulu, ia melanjutkan, anak merasa protes karena tidak memiliki cukup waktu degan ibunya, dulu anak-anak yang mencari kita. Namun sekarang justru orang tua yang kekurangan waktu dengan anaknya jika anaknya dibiarkan terbiasa dengan gadget.

"Untuk keluarga muda yang sekarang justru harus lebih menjaga anak-anak, karena saat ini kita harus mengikuti aktivitas anak-anak. Anak-anak perlu kita jaga, khususnya karena ketergantungan terhadap gadget," katanya dalam acara talkshow, Kamis (1/3).

Tidak ketinggalan ia juga mendukung agar para ibu dapat terus meningkatkan pengetahuannya dengan banyak belajar. Hal ini berguna untuk mengejar perkembangan zaman saat ini, serta menjaga pentingnya nilai moral dan etika dalam keluarga.

"Nilai-nilai di dalam rumah tangga, tetap harus terpelihara, harus banyak dimiliki. Kita harus mendorong ibu-ibu untuk berbagi pengetahuan," kata dia.

Dengan ilmu pengetahuan akan berguna dalam mendidik anak. Menurutnya, setiap permasalahan perkembangan anak harus diiringi dengan nilai moral dan agama.

"Ada pelajaran-pelajaran moral dan etika yang harus diajarkan orang tua ke anaknya," ujar Siti Nurbaya.

Ia menambahkan, kehadiran anak-anak merupakan kewajiban bersama dalam pengasuhan dan pendidikannya. Sehingga peran ayah juga diperlukan dalam pengasuhan dan pendidikan anak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA