Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Obat Anti-Tuberkulosis Temuan Unair Segera Diproduksi

Ahad 22 Jun 2014 16:30 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Tuberkulosis

Tuberkulosis

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Obat anti-Tuberkulosis (TB) temuan ahli imunologi/virologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya segera diproduksi PT Konimex dan siap beredar di masyarakat pada akhir tahun 2014 atau awal 2015.

"Obat anti-TB sebenarnya sudah ada, tapi obat anti-TB temuan Unair itu dilengkapi dengan komponen anti-kebal, jadi anti-TB temuan Unair itu anti-TB yang anti-resisten," kata Kepala Lembaga Penyakit Tropis (LPT) Unair Surabaya Prof Nasronudin di Surabaya, Ahad (22/6).

Anti-TB temuan yang segera diproduksi itu melengkapi temuan vaksin anti-rabies dari ahli imunologi/virologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr drh Suwarno MSi yang sudah diproduksi oleh PT Sanbe Farma dan beredar di masyarakat.

Menurut Prof Nasronudin, kerja sama dengan PT Konimex untuk obat anti-TB itu sudah sampai tahap "MoA" (memorandum of agrrement), sehingga tidak lama lagi akan segera diproduksi dan dapat dikonsumsi masyarakat.

"Dari pihaknya sudah selesai 100 persen, jadi tinggal PT Konimex mengurus perizinan ke Balai POM dan kalau selesai, tentu akan dapat segera diproduksi. Saya yakin akan beredar kepada masyarakat pada akhir tahun ini juga," katanya.

Dengan obat anti-TB yang bersifat anti-resisten itu, katanya, masyarakat akan diuntungkan, karena potensi untuk sembuh akan semakin terbuka. "Kalau dibandingkan dengan obat anti-TB yang sudah ada, tentu masih mungkin terjangkit, karena obatnya tidak resisten," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA