Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Harga BBM Naik, Tarif Agen Travel Amburadul

Senin 24 Jun 2013 16:18 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Karta Raharja Ucu

Petugas mengganti papan angka harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU

Petugas mengganti papan angka harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU

Foto: ANTARA FOTO

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kenaikan harga BBM bersubsidi tentu berpengaruh dengan usaha yang berkaitan dengan transportasi, salah satunya adalah agen travel. Sebab, biasanya agen travel sudah menentukan tarif sebelum ada kenaikan BBM dan sudah ada  'deal' harga dengan wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri.

Kenaikan harga BBM bersubsidi, tentu membuat agen travel kacau dengan harga yang telah ditawarkan kepada wisatawan. "Yang kacau itu harga yang sudah ditawarkan kepada wisatawan dan sudah deal," kata Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agent (ASITA) DIY, Edwin Ismedi Himna pada wartawan, Senin (24/6).

Apalagi memasuki musim libur kebanyakan agen travel sudah deal dengan para wisatawan yang akan ke Yogyakarta, sejak sebelum musim libur tiba dan jauh-jauh hari sebelum ada ketentuan kenaikan BBM.

Menurutnya, sampai Senin (24/6) agen travel belum menaikkan tarif. ASITA akan melakukan rapat pleno untuk membicarakan kenaikan tarif baru yang rencananya bakal dimulai Rabu (26/6) besok.

"Karena kedua belah pihak tidak mau rugi, kami sedang melakukan nego. Sekarang  beberapa dari travel agent mencoba mengambil solusi untuk membicarakan dengan PO pariwisata," ungkapnya.

Kalau PO BIMO sudah menyatakan selisih kenaikan tersebut akan ditanggung bersama antara agen travel dengan PO Bimo. Edwin mengatakan, kenaikan harga BBM yang krusial jelas masalah menjadi masalah dalam bisnis transportasi.

Dikatakan Edwin, bulan ini banyak tamu-tamu dari Eropa. Tentu saja dengan kenaikan harga BBM, biro perjalanan akan mengalami kenaikan dan biasanya semua pihak bisa memahami. Sehingga beban tidak semua ditanggung biro perjalanan. "Rekanan travel agent di transportasi biasanya bisa mencarikan solusinya," katanya mengakhiri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA