Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Wayang Hip-Hop Warnai Tahun Baruan di Yogya

Selasa 01 Jan 2013 00:35 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Karakter wayang (ilustrasi).

Karakter wayang (ilustrasi).

Foto: seasite.niu.edu

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pertunjukan kesenian tradisional yang dipadu dengan gaya modern, Wayang Hip-Hop memeriahkan perayaan pergantian tahun di pasar seni dan kerajinan Yogyakarta XT-Square, Senin (31/12) malam.

Jika biasanya pertunjukan wayang kulit diiringi dengan musik tradisional gamelan, maka Wayang Hip Hop tampil lain dengan iringan musik yang lebih modern yakni hip hop dengan lirik bahasa Jawa.

Cerita yang ditampilkan pun menyesuaikan, yaitu perayaan pergantian tahun, termasuk keinginan dan harapan dari masing-masing tokoh di tahun mendatang, serta keluhan-keluhan tentang Yogyakarta seperti semakin padatnya arus lalu lintas.

Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam wayang tersebut adalah tokoh punakawan seperti Petruk, Bagong dan Gareng. Tetapi ada pula tokoh kejutan yang tampil yaitu "Lady Gaga".

Ratusan penonton yang memenuhi Hall Kuliner Indoor XT-Square pun antusias mengikuti pertunjukan wayang yang dikemas secara jenaka tanpa meninggalkan unsur-unsur tradisi pewayangan itu.

Kemeriahan pertunjukan wayang tersebut seolah mampu mengusir udara dingin akibat hujan deras yang mengguyur Yogyakarta sejak sore hingga menjelang pergantian tahun.

Sebelumnya, juga digelar pertunjukan tari kolosal dengan tema hubungan imajiner antara Gunung Merapi-Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Pantai Selatan.

Selain pertunjukan wayang hip-hop, di XT-Square juga digelar sejumlah pertunjukan lain untuk memeriahkan perayaan pergantian tahun, di antaranya parade band.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA