Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Masyarakat Bisa Tonton Langsung Pengamatan Hilal Bosscha

Jumat 02 Aug 2013 07:03 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Observatorium Bosscha Bandung, Jabar

Observatorium Bosscha Bandung, Jabar

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masyarakat bisa menyaksikan langsung pengamatan hilal penentuan 1 Syawal 1434 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri 2013 yang dilakukan Observatorium Bosscha melalui www.bosscha.itb.ac.id, Rabu (7/8).

"Sejak 2006 Kominfo bekerja sama dengan Bosscha untuk melakukan pengamatan hilal dan hasilnya 'di-streaming' agar masyarakat tahu langsung," kata staf Observatorium Bosscha Evan Irawan di Bandung, Jumat (2/8).

Saat ini, katanya, teknologi tayangan langsung pengamatan hilal yang dilakukan Bosscha didukung dengan penggunaan dua jenis detektor. "Sekarang pengamatan dilakukan dengan dua jenis detektor, teropongnya masih sama, tapi detektornya menggunakan kamera CCD astronomi dan kamera DSLR," katanya.

Sebelumnya, pihak Bosscha hanya mengandalkan kamera saku hingga sempat beralih juga pada penggunaan webcam untuk membantu tayangan langsung pengamatan hilal. Namun, dari resolusi yang cukup rendah dinilai bisa menyebabkan hasil deteksi yang kurang baik.

"Dulu menggunakan kamera saku, sempat juga ganti ke webcam. Dari situ terpikirkan kalau video itu resolusinya kurang baik jadi mendeteksinya kurang baik," kata Evan di kantor Observatorium Bosscha, Lembang.

Evan menjelaskan, masyarakat yang ingin menyaksikan langsung pengamatan hilal masih boleh datang ke kawasan Observatorium Bosscha kendati sudah ada fitur tayangan langsung di media daring. "Dulu masyarakat hanya datang ke sini, ikut mengamati di sini. Tapi sekarang walaupun sudah ada 'live streaming' orang-orang masih boleh datang ke Bosscha," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA