Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Didera Masalah, PKS Optimistis Menangi Pilgub Jabar

Ahad 03 Februari 2013 16:17 WIB

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Nidia Zuraya

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra

REPUBLIKA.CO.ID, PADALARANG -- Ribuan kader dan pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Jawa Barat melakukan konsolidasi menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat, 24 Februari 2013 mendatang. Konsolidasi yang dihadiri oleh Presiden baru PKS, Muhammad Anis Matta tersebut digelar di Hotel Masson Pine, Ahad (3/2). Dalam konsolidasi tersebut, PKS optimis akan memenangkan Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat 2013-2018.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Barat, Tate Qomaludin mengatakan, melihat kondisi internal partai dan figuritas Ahmad Heryawan, dirinya optimis akan memenangkan Pilgub Jabar. Konsolidasi yang dilakukan PKS adalah upaya untuk memenangkan Pilgub Jabar.

"Kalau melihat kondisi internal partai, lihat saja antusias kader yang hadir menunjukkan semangat yang tidak pudar. Motivasi semakin kuat dan solid. Ini adalah optimisme kami untuk memenangkan Pilgub Jabar," ujarnya kepada wartawan di sela-sela Konsolidasi Struktur dan Kader PKS se-Jawa Barat, Ahad (3/2).

Ia juga mengatakan, figuritas Ahmad Heryawan saat ini adalah milik masyarakat Jawa Barat, sehingga dukungan bukan hanya dari PKS, tetapi dari partai lain dan komunitas-komunitas masyarakat. Menurutnya, secara umum kaidah yang ada di PKS, setelah kadernya memiliki jabatan publik, maka pada saat itu pula kader harus bekerja kepada masyarakat.

"Jadi saya tidak khawatir karena dia sudah milik masyarakat bukan milik PKS. Apalagi secara umum, kaidah di kami itu, kalau sudah menjadi pejabat publik sudah menjadi milik semua," kata dia.

Selain konsolidasi internal, PKS pun akan meningkatkan komunikasi dan silaturahim dengan masyarakat dan partai koalisi dalam Pilgub Jabar. Menurut Tate, sampai saat ini hubungan PKS dengan partai koalisi lainnya tidak ada masalah dan tetap berkomunikasi aktif.

Terkait adanya masalah yang kini mendera PKS, Tate mengungkapkan, dirinya tidak khawatir. Ia pun tidak akan mengambil pusing, jika ada pihak lain yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjatuhkan PKS. Ia juga percaya kepada kader PKS yang loyal.

Sementara itu, Presiden PKS, Muhammad Anis Matta mengatakan adanya musibah yang baru menimpa PKS, dirinya yakin tidak akan mempengaruhi elektabilitas PKS dan dalam Pilgub Jawa Barat. Ia pun yakin, kader PKS yang kini maju kembali sebagai Calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dapat memenangkan Pilgub Jabar. "Kami yakin akan memenangkan pilkada jabar. Apa yang dialami PKS saat ini tidak akan mempengaruhi elektabilitas PKS maupun dalam Pilgub Jabar," ujarnya.

Menurut Anis, masyarakat Jawa Barat memiliki karakter dasar sifat pengertian. Dilihat dari sejarah historis dan sosiologis, masyarakat Jawa Barat memiliki sikap yang relatif dewasa dan terdidik. "Artinya yang mereka perlukan adalah kejujuran dari kita semuanya untuk datang kepada mereka semua secara apa adanya. Membuka hati dan membicarakan situasi sekarang dengan apa adanya," kata Anis.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES