Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

BPJT: Jalan Tol Layang Japek Beroperasi Sebelum Tahun Baru

Rabu 27 Nov 2019 13:42 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 kilometer ditargetkan sudah bisa dioperasikan sebelum akhir tahun 2019.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 kilometer ditargetkan sudah bisa dioperasikan sebelum akhir tahun 2019.

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Saat ini jalan tol layang Japek sedang proses pra-uji laik fungsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) tetap ditargetkan beroperasi sebelum liburan Natal dan tahun baru. Danang menyampaikan saat ini jalan tol layang Japek sedang proses pra-uji laik fungsi.

"Masih belum berubah targetnya, saat Natal dan tahun baru sudah bisa beroperasi," ujar Danang di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/11).

Menurut Danang, kontraktor jalan tol layang Jakarta-Cikampek telah berjanji akan merampungkan proses penyelesaian pada akhir pekan ketiga atau awal pekan keempat pada bulan ini. "Setelah penyerahan, kita uji laik fungsi, kita lihat mungkin bisa dioperasikan 15 Desember, yang jelas sebelum Natal dan tahun baru," paparnya.

Danang belum bisa memastikan mengenai pembebasan tarif atau gratis pada saat awal beroperasi. Pasalnya, hal ini merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

"Tapi kita minta ke badan usaha menghitung ke sana (gratis)," ucap Danang.

Selain jalan tol layang Jakarta-Cikampek, Danang menyebut sejumlah jalan tol yang juga akan beroperasi pada akhir tahun, meliputi jalan tol Kunciran-Serpong, jalan tol Balikpapan-Samarinda, jalan tol Manado seksi I dan II, serta jalan tol Pekanbaru seksi I.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA