Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Akhir Pekan Ini Kereta LRT Jabodebek Diangkut ke Jakarta

Kamis 03 Oct 2019 13:33 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Pengendara melintas di bawah pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Pengendara melintas di bawah pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Nanti setiap tiga bulan ada tiga rangkaian kereta yang diangkut ke Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jaobodebek lintas Cibubur-Cawang rencananya akan diuji coba pekan depan setelah molor dilakukan yang seharusnya pada September 2019. Direktur Operasional II PT Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengatakan mulai pekan ini rangkaian kereta LRT Jabodebek mulai diangkut ke Jakarta. 

"Tanggal 5 (Oktober 2019) itu dari PT Industri Kereta Api (Inka) dikirin sampai di sini akan diangkat," kata Pundjung di Gedung Kemenko Maritim, Kamis (3/10). 

Baca Juga

Dia menjelaskan nantinya total untuk LRT Jabodebek sebanyak 180 rangkaian kereta. Hanya saja khusus untuk uji coba pekan depan, hanya akan menggunakan satu rangkaian yang terdiri dari enam kereta yang akan melintas di Stasiun Cibubur, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini, dan Cawang. 

Pundjung memastikan, setelah uji coba lintas Cibubur-Cawang selesai dan sukses maka rangkaian kereta selanjutnya akan dikirim. "Nanti setiap tiga bulan ada tiga rangkaian bertahap setiap bulan satu rangkaian. Total ada 18 kereta (gerbong) setiap tiga bulan," jelas Pundjung.

Dia mengatakan uji coba LRT Jabodebek lintas Cibubur-Cawang akan dilakukan selama tiga sampai enam bulan. Pundjung memastikan tahapan selanjutnya akan tergantung hasil evaluasi uji coba. 

Pundjung menjelaskan total secara keseluruhan pembangunan LRT Jabodebek per 27 September 2019 mencapai 65,77 persen. Untuk lintas Cibubur-Cawang pembangunan mencapai 85,28 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 55,91 persen, dan lintas Cawang-Bekasi Timur mencapau 59,12 persen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA