Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Jelang Lebaran, Kawasan Jakarta Pusat Lengang

Senin 03 Jun 2019 09:19 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah

Suasana Jalan Jenderal Sudirman yang lengang di Jakarta, Selasa (1/1).

Suasana Jalan Jenderal Sudirman yang lengang di Jakarta, Selasa (1/1).

Foto: Republika/Prayogi
Warga Jakarta sudah banyak yang pulang ke kampung halaman alias mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari, sekitar dua atau tiga hari lagi. Masyarakat sebagian telah meninggalkan ibu kota. Mereka sudah pulang ke kampung halaman alias mudik.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Republika.co.id Senin (3/6) pagi, sejumlah jalanan di pusat Jakarta cukup lengang. Seperti Jalan Abdul Muis, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin. Tak ada antrean kendaraan saat melintasi lampu lalu lintas. "Iya sudah sepi nih, enak jalanan enggak macet," ujar pengemudi ojek daring, Rendra.

Manurut dia, kondisi lalu lintas seperti ini jarang sekali terjadi di Jakarta. Apalagi di hari Senin ini. Akan tetapi, ia tak kecewa karena masih mendapatkan penumpang. "Alhamdulillah kalau penumpang ada saja. Mereka yang mau ke mal, mau mudik nganterin ke stasiun-stasiun," kata Rendra.

Kawasan Tanah Abang di Jalan Jatibaru Raya juga terpantau lengang dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Hal itu terlihat tak ada kepadatan di luar area pintu Stasiun Tanah Abang yang lama.

Kendati beberapa pedagang kaki lima (PKL) yang menjual makanan, amplop lebaran, dan lain-lainnya masih mencari rejeki di sana. Sebagian penumpang kereta rel listrik (KRL) juga masih ada yang ingin berbelanja di Pasar Tanah Abang.

"Memang sengaja sih ke Tanah Abangnya sekarang, sudah sepi kan pada mudik. Kereta saja lumayan sudah longgar. Sekalian saja jalan-jalan," kata Dita saat ditemui di Stasiun Tanah Abang.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA