Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Anies Apresiasi Peran Kemenag Jaga Kerukunan di Jakarta

Kamis 03 Jan 2019 20:53 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Foto: dok. Institut STIAMI
Tahun 2019 dengan kontribusi Kemenag warga DKI siap menghadapi demokrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi peran Kementerian Agama (Kemenag) dalam menjaga kerukunan masyarakat di Jakarta. Hal ini diungkapkan Anies pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-73 di Kantor Kankemenag Kota Jakarta Timur, Kamis (3/1).

“Terima kasih atas karya dan kontribusi pengabdian seluruh ASN (Aparat Sipil Negara) Kemenag Jakarta. Karena Bapak Ibu merupakan garda terdepan yang menjaga kesalehan dan keutuhan masyarakat,” ujar Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis.

Menurut Anies, selama 73 tahun sebagai salah satu  garda terdepan dalam menjaga kerukunan, jajaran Kementerian Agama telah menjaga prinsip-prinsip untuk bekerja dalam pengabdian. “Semoga hal ini dapat dipertahankan terus,” ucap mantan Mendikbud ini.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menyampaikan dalam Indeks Demokrasi Indonesia, Jakarta terbukti memiliki indeks tinggi. Artinya, kata dia, terdapat kematangan di masyarakat dalam mengelola berbagai macam aspirasi.

“Maka saya percaya tahun 2019 ini, dengan kontribusi Kementerian Agama, masyarakat DKI Jakarta siap menghadapi demokrasi. Tahun politik akan terlewati dengan damai,” kata Anies di hadapan 5000-an ASN Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Usai memimpin upacara, Anies berkesempatan memotong 'Tumpeng Kerukunan' untuk diserahkan kepada tokoh-tokoh agama yang hadir. Menurut Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab, tumpeng yang disusun dalam undakan-undakan tersebut terdiri dari 73 tumpeng kecil.

“Ini selain sebagai tanda syukur, juga menjadi simbol kerukunan umat beragama. Bahwa kerukunan umat beragama tidak bisa ujug-ujug terwujud, tetapi hadir  karena adanya kebersamaan dari berbagai unsur di masyarakat,” jelas Saiful.

Ia pun menuturkan, di tahun 2019 pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga dan mewujudkan kerukunan umat beragama di Ibu Kota. “Kami akan terus bekerjasama dengan FKUB, Pemprov DKI dan semua pihak untuk menjalankan amanah menjaga kerukunan di ibu kota ini. Tentunya sejalan juga dengan tema HAB kali ini, Jaga Kebersamaan Umat,” ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA