Rabu, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 Januari 2019

Rabu, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 Januari 2019

Depok Gelar Bursa Kerja, Libatkan 40 Perusahaan

Rabu 12 Des 2018 23:19 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Bursa tenaga kerja.  (ilustrasi)

Bursa tenaga kerja. (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Ini upaya mengurangi angka pengangguran tingkat lulusan SMA dan sederajat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok kembali mengadakan bursa kerja di D’mall pada 12-13 Desember 2018. Sebanyak 40 perusahaan ikut serta membuka lowongan kerja.

"Perusahaan yang ikut dalam bursa kerja ini merupakan perusahaan swasta, tidak ada perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja. Kebanyakan perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini formasinya banyak menyerap tenaga kerja lulusan SMA sederajat," ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah, akhir pekan lalu.

Menurut Diah, pelaksanaan bursa kerja merupakan upaya dalam mengurangi angka pengangguran tingkat lulusan SMA sederajat. Pihaknya mencatat, pada 2017, di Kota Depok terdapat 72.521 orang menganggur dan dari jumlah tersebut sekitar 30 persennya merupakan lulusan SMA. "Pelaksanaan bursa kerja ini gratis tidak dipungut biaya, dan juga menyiapkan pembuatan AK1 (kartu kuning) secara gratis bagi para pencari kerja," terangnya.

Pihaknya, lanjut Diah, menargetkan dalam jangka waktu dua hari pelamar mencapai ribuan. Sebab, lowongan yang tersedia dari masing-masing perusahaan cukup banyak. Bagi pelamar yang ingin hadir harus membawa surat lamaran lengkap disertai riwayat hidup (CV), salinan ijazah terakhir, fotokopi KTP, pas foto ukuran 4×6.

Bagi yang baru lulus, kata Diah, bisa ikut melamar kerja, walau belum ada ijazah. Pelamar bisa melampirkan fotokopi surat keterangan lulus dari sekolah asal. "Kami harapkan semua pelamar yang hadir di bursa kerja kali ini, terserap sesuai dengan kemampuan dan posisi yang diharapkan," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA