Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Ini Persiapan Dinas LH DKI untuk Reuni 212

Jumat 30 Nov 2018 16:00 WIB

Rep: sri handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta saat membersihkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Senin (12/11).

Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta saat membersihkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Senin (12/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ratusan personel dan sarana prasarana disiapkan untuk Reuni 212.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyatakan sudah mengantisipasi akan terselenggaranya demonstrasi bertajuk Reuni 212. Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Aji mengaku telah menyiapkan setidaknya 500 petugas kebersihan. 

"Kesiapan Dinas LH dalam mengantisipasi Reuni 212 sebagai berikut, jumlah personil 500 orang," kata Isnawa dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (30/11). 

Tak hanya itu, disiapkan pula berbagai sarana dan prasarana pendukung. Isnawa mengaku akan menyiapkan 10 unit truk sampah anorganik, 10 unit kijang lintas, 10 unit road sweeper, 10 ribu kantong plastik, 300 sapu lidi dan pengki, dan enam bus toilet.  

Ada Aksi Tandingan Reuni 212? Ini Langkah Polisi

Dinas LH berharap agar Reuni 212 bisa berjalan lancar. Ia ingin para demonstran mengulang suasana tertib dan nyaman, termasuk kedisiplinan massa yang terorganisir dalam mengumpulkan sampah ke karung-karung.  Dengan begitu, petugas pasukan oranye dinas LH dan PPSU kelurahan akan lebih mudah menangani sampah-sampah yang dihasilkan para peserta aksi.

Dinas LH juga akan menyebar ratusan petugas, baik di sekitar Masjid Istiqlal, kawasan Jalan Medan Merdeka, Monumen Nasional (Monas) , Patung Tani dan depan Kantor Indosat.  Karena acara ini terselenggara bersamaan dengan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB), Dinas LH DKI Jakarta juga menggandeng suku dinas LH Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Para petugas dari masing-masing wilayah akan selalu disiagakan, karena peserta datang dari semua wilayah.  "Tapi fokus penanganan di sekitar Monas sampai dengan Bundaran HI," ujar Isnawa. 

Mobil penyapu jalan atau road sweeper akan dioperasikan menjelang aksi Reuni 212 usai. Isnawa mengimbau para pedagang menyediakan tempat sampah di sekitar lokasi berjualan. Ia tak ingin sampah kotak makanan, botol minuman, dan sebagainya berserakan di sekitar parkir kendaraan. 

Persiapan ini akan dimulai Sabtu sore hingga hari Ahad. "Insya Allah peserta aksi akan menjaga kebersihan dan ketertiban bersama pasukan oranye Dinas LH,"ujar dia. 

Sebelumnya, Mantan Kuasa Hukum Muhammad Habib Rizieq, yakni Kapitra Ampera berencana menggelar 'Kontemplasi 212'. Acara ini untuk menyaingi kegiatan Reuni 212 yang akan digelar Ahad (2/12) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. 

Kapitra mengatakan, aksi akan dimulai Sabtu (1/12) setelah shalat Isya hingga Ahad (2/12) pukul 15.00 WIB. Sejumlah pimpinan dan pemilik pondok pesantren disebut akan hadir untuk memberikan pencerahan kepada umat Islam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA