Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Pemkot Depok: Dewi Sartika dan Sawangan Idealnya Ada Flyover

Kamis 11 Okt 2018 22:06 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Kantor Pemerintah Kota Depok

Kantor Pemerintah Kota Depok

Foto: MgROL_37
Rencana dana hibah dari pemprov diharapkan terealisasi untuk atasi kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kemacetan yang kerap terjadi di Kota Depok, Jawa Barat, salah satu penyebabnya adalah persimpangan jalan. Untuk mengatasinya perlu dibangun flyover.

"Kemacetan paling parah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Sawangan, idealnya harusnya dibangun flyover," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Manto di Balai Kota Depok, Kamis (11/10).

Menurut Manto, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) jadi menghibahkan dana pembangunan dua flyover, pihaknya akan mengusulkan dibangun di dua persimpangan jalan tersebut. "Kemungkinan yang sangat mendesak di Jalan Dewi Sartika (lintasan kereta) dan di persimpangan Kodim Jalan Raya Sawangan sebagai biang titik kemacetan untuk dibangun flyover. Maka kami akan usulkan di kedua titik persimpangan tersebut," jelasnya.

Manto menambahkan, status Jalan Dewi Sartika merupakan milik Pemprov Jabar, sedangkan Jalan Raya Sawangan statusnya jalan nasional. "Nantinya kami akan mengusulkan ke wali kota Depok dan jika disetujui usulan tersebut akan disampaikan ke Gubernur Jabar. Mudah-mudahan sudah ada keputusan tahun ini juga," kata dia.

Wali Kota Depok Mohammad Idris berharap, rencana dana hibah pembangunan dua flyover dari Pemprov Jabar segera terealisasi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Depok. "Untuk realisasinya akan saya komunikasikan dengan Pak Gubernur Jabar. Kalau untuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019 kan sudah dibuat. Ya, mudah-mudahan 2019 sudah bisa dibangun," jelas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA