Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Anies Enggan Bicara Soal Pengganti Sandi

Jumat 10 Agu 2018 15:01 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ratna Puspita

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan surat pemberitahuan berhenti kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Ruang Gubernur, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan surat pemberitahuan berhenti kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Ruang Gubernur, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Foto: Sri Handayani
Semua yang menjadi tanggung jawab pemprov tak akan terinterupsi dengan perubahan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan masih enggan membicarakan siapa pengganti Sandiaga Salahuddin Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Dia juga enggan membicarakan kriteria seperti apa yang akan mengisi kursi wakil gubernur selanjutnya.

Anies mengatakan fokus utama sekarang ini terkait dengan pengusungan Sandiaga sebagai pendamping Prabowo Subianto pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. “Sekarang kami usung dulu Bang Sandi nih sampai tuntas. Nanti sehabis itu selesai, baru kita bicara tentang pergantian,” kata Anies kepada awak media di ruang kerjanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/8).

Apalagi, ia mengatakan, Sandiaga masih bertugas sebagai wakil gubernur hingga hari ini sehingga tidak tepat membicarakan penggantinya. “Masih ada wagubnya loh di sini kok bicara pengganti,” ujar dia.

Anies juga meminta masyarakat untuk tak khawatir tugas-tugas selanjutnya yang seharusnya diemban oleh wagub. Termasuk pembahasan keuangan Pemprov DKI Jakarta.

“Insya Allah kalau dari keuangan pemprov akan segera langsung plan untuk bisa mengisi semua rencana agar jalan termasuk. Beliau berperan besar dalam proses persiapan anggaran,” kata Anies.

photo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ( kanan) berpegangan tangan bersama seusai memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8) malam. (Antara)

Dia menyebut akan mendiskusikan lebih lanjut mengenai detail langkahnya. “Jangan khawatir bagi warga DKI semua yang menjadi tanggung jawab pemprov tidak akan terinterupsi dengan adanya perubahan ini. Kami akan all out untuk menjamin tidak ada hambatan,” kata dia.

Sandiaga yang bersama Anies saat itu mengatakan keputusan pengunduran dirinya itu telah didiskusikan matang-matang. Menurutnya, Sandiaga telah berdiskusi dengan Prabowo, Anies, dan keluarga. 

Pada Jumat ini, Sandiaga Uno resmi meninggalkan kursi jabatan wakil gubernur DKI Jakarta. Prabowo-Sandiaga mendaftar ke KPU sebagai peserta pilpres 2019, pada siang ini. 

photo

Istri Cawapres RI Sandiaga Uno, Nur Asia Uno, menangis, memeluk istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, untuk berpamitan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/8). (Republika/Farah Noersativa)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA