Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Mekanik: Mobil Neno Warisman Korslet karena Akinya Jatuh

Sabtu 21 Juli 2018 18:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ratna Puspita

Mobil Xenia warna hitam Nopol B 1247 EKC terongok dan dipasang garis polisi di bengkel mobil di Jalan M Yasin, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. Mobil tersebut merupakan mobil milik Neno Warisman yang terbakar.

Mobil Xenia warna hitam Nopol B 1247 EKC terongok dan dipasang garis polisi di bengkel mobil di Jalan M Yasin, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. Mobil tersebut merupakan mobil milik Neno Warisman yang terbakar.

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Mobil yang dalam kondisi mati bisa korslet kalau posisi aki menyentuh badan mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mekanik yang memperbaiki mobil Neno, Joko Handoyo, mengatakan mobil Neno Warisman mengalami korslet karena posisi dudukan aki atau accu-nya terjatuh. Akibatnya, aki itu mentok ke badan mobil sehingga menyebabkan korsleting. 

"Kemarin, yang saya temukan itu, posisi accu-nya itu jatuh, nah mentok ke bodinya, makanya konslet ke mana-mana," ujar dia kepada wartawan di bengkelnya, Cimanggis, Depok, Sabtu (21/6).

Joko menjelaskan, mobil yang dalam kondisi mati tetap bisa mengalami korslet asalkan posisi aki menyentuh badan mobil. Dalam kasus mobil Neno, ia memaparkan, bagian positif aki menyentuh bodi mobil sehingga memicu percikan.

Seharusnya, dalam kondisi normal, aki itu tidak menyentuh bodi. "Karena accu yang plus itu mentok ke bodi. Harusnya enggak (mentok bodi). Jadi sekalipun mobil itu mati, bisa korslet asal kepala accu-nya mentok bodi," kata dia.

Joko kembali menguraikan, aki mobil Neno menyentuh badan mobil karena bracket atau penyangga akinya terlepas. Dia menduga, penyangga tersebut sudah rapuh, sehingga saat mobil dibawa kencang, membuatnya copot.

Bracket accu-nya putus. Biasanya karena terlalu kencang (saat mobil dibawa), karena kan itu (penyangganya berbahan) plastik. Jatuh, langsung mentok ke bodi," kata dia.

Mobil Xenia berpelat nomor B 1247 EKC milik Neno Warisman, terbakar pada Rabu (18/7) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Pihak kepolisian yang baru menerima laporan pagi ini langsung memerika lokasi kejadian dengan mekanik Joko.

Joko menerangkan ia melakukan pengecekan mobil tersebut pada Kamis (19/7) siang saat mobil yang terbakar itu masih terparkir di depan rumah Neno. Setelah kap mobilnya dia buka, posisi dudukan aki sudah miring hingga mengenai bodi mobil. 

Kemudian, pada Jumat (20/7) siang, ia membawa mobil Neno ke bengkelnya di jalan Akses UI, menggunakan mobil derek. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES