Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Pendatang Baru di Jakarta Selatan 18 Ribu Orang

Kamis 12 Jul 2018 15:34 WIB

Red: Ani Nursalikah

Para pendatang dari berbagai daerah menuju Jakarta (ilustrasi)

Para pendatang dari berbagai daerah menuju Jakarta (ilustrasi)

Foto: Republika/Mardiah
Pendatang diminta melengkapi administrasi kependudukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan, memperkirakan jumlah pendatang baru setelah Lebaran di wilayah ini sekitar 18 ribu orang. "Kami perkirakan jumlah warga pendatang baru di Jaksel sekitar 18 ribu orang, dan tersebar di berbagai kecamatan," kata Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali di Jakarta, Kamis (12/7).

Dia mengatakan, keseluruhan pendatang baru di ibu kota setelah Lebaran diprediksi mencapai 70 ribu orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 26,83 persen diantaranya berada di Jakarta Selatan.

"Kami memprediksi jumlahnya bisa sampai sebanyak itu. Para pendatang baru itu tersebar di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan," ujar Marullah.

Dia menuturkan, Kota Jakarta tidak tertutup bagi para pendatang baru, terlebih Jakarta merupakan ibu kota negara. "Meskipun begitu, saya minta kepada seluruh pendatang baru agar melengkapi administrasi kependudukan sebelum datang ke Jakarta, sehingga datanya bisa tercatat dengan baik," kata Marullah.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan, Abdul Haris memfokuskan pelaksanaan Operasi Bina Kependudukan di kawasan permukiman padat penduduk. "Terutama sekali di kawasan yang banyak terdapat rumah kontrakan dan kos-kosan. Kami juga melakukan operasi di kawasan permukiman penduduk yang berada dekat akses transportasi umum," ujar Abdul.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Des 2018, 21:31 WIB