Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Korban Terjebak Kebakaran Lantai 18 Berhasil Dievakuasi

Ahad 08 Jul 2018 11:00 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gedung Kementerian Perhubungan.

Gedung Kementerian Perhubungan.

Foto: Silvy Dian Setiawan
Pria yang dievakuasi berumur sekitar 40 tahunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu korban yang terjebak di lantai 18 akibat kebakaran di Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Ahad (8/7), berhasil dievakuasi. Korban ditemukan setelah petugas berhasil menyisir lantai tersebut.

"Sudah berhasil keluar, alhamdulillah, satu orang laki-laki di lantai 18," kata Syaiful, salah satu petugas Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat di Jalan Abdul Muis, Jakarta, Ahad (8/7).

Syaiful merupakan salah satu anggota tim Damkar yang melakukan penyisiran korban di Gedung Karya Kemenhub. Ia ikut mengevakuasi satu orang di lantai 18 tersebut.

Satu korban tersebut sempat melemparkan kertas dari lantai 18 untuk memberitahu keberadaannya kepada petugas. "Isi tulisan itu dia minta tolong dan memberitahu lantai 18 banyak asap," kata Syaiful.

photo

Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbakar Ahad (8/7), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Petugas masih melakukan proses penyisiran di dalam gedung untuk memastikan ada atau tidaknya korban yang masih terperangkap.

Seorang laki-laki berumur sekitar 40 tahun memakai celana pendek hitam dan kaos oblong putih diantar petugas menuju mobil Puslapfor Kapolres Jakarta Pusat untuk menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Polisi belum bersedia memberikan identitas laki-laki tersebut dan korban lainnya.

"Saat ini kita masih menunggu aba-aba dari Damkar bahwa area sudah 'clear and clean' untuk kita lakukan penyelidikan, termasuk identifikasi," kata Kepala Polisi Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar (Pol) Roma Hutajulu.

Baca juga, Pemadam Berhasil Naik ke Lantai 11 Gedung Kemenhub.

Belasan orang terjebak di lantai 5, 11 dan 18 gedung Kementerian Perhubungan yang terbakar pada Minggu dinihari sekitar pukul 03.30 WIB. Tiga orang dinyatakan meninggal dan 14 lainnya selamat. Hingga pukul 10.20 WIB, penyisiran korban masih terus dilakukan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo menyampaikan kronologi pemadaman api dan evakuasi korban kebakaran di Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Ahad (8/7). Ia menduga apir berasal dari PI sisi 7.

"Dugaan tempat pertama titik kebakaran di P1 sisi 7, api relatif kecil, kemudian menyebar ke titik lainnya dan asap tebal menyebar ke atas," kata Subejo di depan Gedung Karya Kemhub, Jakarta, Ahad.

Tiga unit mobil Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat langsung menuju lokasi setelah menerima laporan kebakaran dari petugas keamanan Kemenhub, sekitar pukul 04.00 WIB. Pemadaman dilakukan dari belakang, atau melalui sisi Gedung Karya di Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA