Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Kebakaran Kemenhub Diduga Bersumber di Lantai P1

Ahad 08 Jul 2018 11:15 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa-sisa kebakaran di Gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta, Ahad (8/7).

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa-sisa kebakaran di Gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta, Ahad (8/7).

Foto: Silvy Dian Setiawan
Penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih terus ditangani. Kepala Dinas Pemadan Kebakaran DKI Jakarta Subejo menduga sumber kebakaran di Kemenhub terjadi di lantai bawah.

“Kalau tempat pertama api ditemukan diduga di ruang P1 CCTV, tempat sumber api ditemukan pertama,” kata Subejo di Kemenhub, Ahad (8/7).

Hanya saja, mengenai penyebab kebakaran tersebut dia belum bisa memastikan. Subejo megatakan saat ini masih menunggu pemeriksaan dari puslabfor mengenai penyebab kejadian kebakaran.

Untuk awal kejadian kebakaran, Subejo menjelaskan awal mula terjadi di lantai P1 kemudian asap menyebar ke ruangan lain. “Jadi biasanya kalau kebakaran yang ada bahan plastik dan kabel pasti asapnya besar,” tutur Subejo.

Subejo menjelaskan tebalnya asap menjadi penyebab pertama yang membuat adanya korban meninggal dunia. Dia mengatakan korban meninggal dunia disebabkan asap tebal membuat kehabisan oksigen.

Sebelumnya, dipastikan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 03.30 WIB di Gedung Kemenhub terjadi pukul 03.30 WIB dan ditangani petugas kebakaran pukul 04.00 WIB. Akibat kejadian tersebut, 14 orang korban selamat dan tiga orang meninggal dunia. 

Sebelumnya, petugas pemadam kebakaran terus melakukan penyisiran ke dalam gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, yang terbakar sekitar pukul 04.10 WIB, Ahad (8/7) dini hari. Penyisiran dilakukan guna mencari kemungkinan adanya korban yang masih terperangkap di dalam gedung.

Berdasarkan pantauan, petugas berpakaian oranye sudah tampak di salah satu jendela lantai 11 Kemenhub. Mereka berteriak untuk berkoordinasi dengan para petugas yang berada di bawah.

Pada Ahad (8/7) dini hari pukul 04.00 WIB, Gedung Kemenhub mengalami kebakaran. Sejumlah orang yang merupakan karyawan dan tukang renovasi terjebak di lantai 11 dan 18 gedung tersebut.

"Ruangan lantai 18 Gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang terjebak di sana, ada juga karyawan di lantai 11," ujar staf Kemenhub Supandi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA