Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Pendapatan Jasa Sewa Sepeda Kota Tua Meningkat

Sabtu 16 Jun 2018 20:19 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil

Sepeda wisata Kota Tua, Jakarta laris manis diminati wisatawan saat hari kedua libur lebaran, Sabtu (16/6).

Sepeda wisata Kota Tua, Jakarta laris manis diminati wisatawan saat hari kedua libur lebaran, Sabtu (16/6).

Foto: Umi Nur Fadhilah/Republika
Semakin sore, wisatawan semakin ramai.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pendapatan jasa sewa sepeda di Kota Tua, Jakarta, naik 100 persen pada hari kedua libur lebaran. Banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Tua memberi rezeki tersendiri pada para penyedia jasa sewa sepeda.

"Pendapatan naik 100 persen dari akhir pekan. Kalau akhir pekan bisa Rp 200 ribu per hari, sekarang Rp 400 ribu per hari," kata salah satu penyedia jasa sewa sepeda, Dadang Sutrisno di kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (16/6).

Ia mengatakan, berwisata ke Kota Tua identik dengan bersepeda warna-warni sembari menggunakan topi. Kendati bukan hal wajib, menurut pria yang akrab disapa Trisno itu, rasanya kurang afdol ke Kota Tua tanpa menyewa sepeda.

Banyaknya wisatawan yang tertarik menyewa sepeda. Tidak jarang, membuat beberapa rela menunggu sepeda disamping Trisno. Sebab, ia mengatakan, saat penyewa sudah mengembalikan sepeda, langsung ada penyewa baru lainnya.

Ia mengatakan hanya ada 36 sepeda yang disewakan di halaman Kota Tua. Setiap wisatawan bisa menyewa sepeda, bonus dua topi, seharga Rp 20 ribu per 30 menit. Jasa sewa sepeda hanya ada mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Namun, Trisno mengatakan, apabila musim libur lebaran, sulit mengendarai sepeda di atas pukul 16.00 WIB. Sebab, semakin sore, wisatawan semakin ramai. Ia memprediksi pada H+2 lebaran atau Ahad (17/6) esok, wisatawan semakin ramai mengunjungi Kota Tua.

Wisatawan Danas Anggrianto terpaksa menelan kecewa lantaran selalu tak mendapat giliran menyewa sepeda. Ia memang enggan menunggu di dekat penyewa lantaran cuaca yang terik. Sehingga, setiap 30 menit sekali memilih bolak-balik mendatangi Trisno dan teman-temannya.

Warga Kota Malang, Jawa Timur itu memilih tinggal di Jakarta saat musim libur lebaran. Ia juga memilih menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi sejumlah objek wisata di Jakarta. Ia datang bersama keluarga dan keponakannya untuk menikmati Kota Tua.

Wisatawan lainnya, Nita Lestari mengaku ingin befoto bersama sepeda Kota Tua. Sehingga, saat ada penyewa mengembalikan sepeda, Nita langsung mengajak keluarganya berfoto melingkari sepeda. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA