Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Anies: Malam Takbiran, Malam Kemenangan Umat Islam

Kamis 14 Jun 2018 21:45 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andri Saubani

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara malam takbiran di halaman Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (14/6). Anies melafazkan bacaan Takbir dan menabuh bedug bersama Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara malam takbiran di halaman Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (14/6). Anies melafazkan bacaan Takbir dan menabuh bedug bersama Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.

Foto: Republika/Silvi Dian Setiawan
Anies menghadiri takbir bersama di kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara malam takbiran yang diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (14/6). Anies mengatakan, malam takbiran ini menjadi penanda bagi kemenangan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.

"Insya Allah hari kemenangan ini mengantarkan warga jakarta untuk mendapatkan kemenangan. Dalam kemajuan kotanya, dan memastikan warganya bahagia," kata Anies di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (14/6).

Dalam acara tersebut, sekitar ratusan masyarakat membawa rantang dengan diisi berbagai makanan untuk disantap setelah acara takbir berlangsung. Pembawaan rantang sendiri, kata Anies, merupakan budaya betawi yang biasa dilakukan pada saat malam takbiran.

"Itu salah satu tradisi, itu Pak Wali Kota bagus mengadakan dan menghidupkan lagi tradisi Jakarta yang jika bawa rantang biasanya ke keluarga tetangga," katanya.

Malam ini juga merupakan malam takbiran pertamanya sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Kita dengar sayup-sayup suara takbir di seluruh tempat. Kita mendengar yang sama, ini satu peristiwa bagi warga Jakarta. Isi salah satu bagian dari tradisi," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengungkapkan, di samping melaksanakan takbiran, tetapi juga membudidayakan budaya rantang. Sebab, budaya rantang tersebut saat ini sudah banyak dilupakan oleh masyarakat, khususnya anak muda.

"Nah zaman now kan udah lupa orang, ini yang saya hidupkan kembali ke mereka (generasi zaman now). Budaya ini masih ada tradisi, masih ada imbauan jangan lupa kepada keluarga agar membawa kepada orang-orang terdekatnya," katanya.

Di akhir acara, Anies melafazkan bacaan takbir dan menabuh bedug. Aksi tersebut juga disaksikan oleh warga yang datang ke acara tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB