Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Malam Takbiran, Masjid Sunda Kelapa Siapkan Pengamanan

Kamis 14 Juni 2018 16:56 WIB

Red: Ratna Puspita

(Ilustrasi) Petugas merapihkan karpet sajadah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.

(Ilustrasi) Petugas merapihkan karpet sajadah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Masjid Sunda Kelapa yang berlokasi dekat rumah wapres terbantu pengamanan paspampres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, menyiagakan 12 petugas keamanan internal untuk mengamankan rangkaian kegiatan pada malam takbiran, Kamis (14/6). Petugas keamanan internal itu juga akan mengamankan pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada Jumat (15/6) besok.

"Dari sejak awal puasa, kami mengerahkan petugas keamanan outsource yang terlatih, enam laki-laki dan enam perempuan. Hanya sebulan saja," kata Wakil Ketua Panitia Ramadhan Masjid Agung Sunda Kelapa, Ustadz Mulyadi saat ditemui di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta, Kamis.

Menurut dia, tidak ada petugas tambahan dari kepolisian setempat yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan di lingkungan masjid. "Dari Polsek Menteng, tidak ada (polisi yang diperbantukan) untuk area dalam masjid," katanya.

Polisi hanya berjaga di luar masjid. "Ini kan daerah ring satu Wapres. Jadi terbantu (pengamanannya). Otomatis mereka (Paspampres) mengamankan," katanya.

Mulyadi mengatakan, pihak masjid juga memasang 25 CCTV di berbagai sudut di masjid untuk mengawasi situasi keamanan. "Saya rasa lebih aman sekarang, laporan-laporan kehilangan lebih minim, mungkin karena kesadaran orang untuk beribadah," katanya.

Sementara pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada Jumat (15/6), DR H Ali Hasan Bahar, Lc, MA ditunjuk pihak Masjid Agung Sunda Kelapa sebagai khatib Idul Fitri. Ia menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sebelumnya direncanakan menjadi khatib Idul Fitri di masjid tersebut.

"Rencananya kami gadang-gadang Gubernur DKI, beliau sudah oke, tetapi ada protap dari Istana kalau misal presiden shalat di Masjid Istiqlal, yang punya wilayah harus menemani. Jadi khatib di Sunda Kelapa diganti," katanya.

Sementara sebagai imam Shalat Idul Fitri dijadwalkan akan dipimpin oleh Syeikh Essam Al Mizjazi yang berasal dari Timur Tengah.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Kroasia Bantai Argentina 3-0

Jumat , 22 Juni 2018, 08:42 WIB