Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Lebaran, Kunjungan di TMII Diprediksi Mencapai 400 Ribu

Kamis 14 Jun 2018 03:16 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ratna Puspita

Suasana wisatawan menikmati salah satu wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , Jakarta Timur.

Suasana wisatawan menikmati salah satu wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , Jakarta Timur.

Foto: dok Republika
Jumlah kunjungan bisa melebihi prediksi karena libur lebaran tahun ini lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diprediksikan mencapai 400 ribu pengunjung selama libur Hari Raya Idulfitri 1439H/2018. Pengelola TMII memperkirakan kenaikan 50 ribu pengunjung dibandingkan jumlah kunjungan tahun lalu sebanyak 350 orang. 

Koordinator Unit Kerja BPP TMII Diyono mengatakan jumlah kunjungan nantinya bisa melebihi prediksi tersebut lantaran libur lebaran tahun ini lebih lama dibandingkan tahun lalu. Pemerintah sudah menyatakan libur lebaran dan cuti bersama mulai 11 Juni 2018 hingga 20 Juni 2018.

“Ini cukup membuat TMII selalu ramai,” kata Diyono beberapa waktu lalu. 

Namun, keramaian diperkirakan akan terjadi hingga 24 Juni 2018 karena libur sekolah. Bahkan, jumlah pengunjung bisa mencapai 140 ribu pada tanggal tersebut. 

Menurutnya, dari prediksi jumlah pengunjung tersebut, sekitar 6.000 hingga 7.000 kendaraan akan masuk ke TMII selama libur lebaran. Karena itu, pengelola melakukan langkah antisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan khususnya di pintu gerbang.

Ia mengatakan semua pintu gerbang yang ada direnovasi dan dibuka. Tidak hanya pintu gerbang, tetapi jalur menuju tempat parkir juga akan dibuka seluruhnya pada saat libur lebaran.

"Pintu gerbang kita renovasi, pintu lima, pintu tiga juga kita renovasi dan kita harapkan pintu lima menjadi akses keluar pengunjung pada saat padatnya pengunjung. Pintu empat dan lima ini juga bisa digunakan men-split kemacetan di TMII," katanya.

Pengelola juga menyedikan tiga zona kantong parkir, yaitu zona depan, zona tengan, dan zona belakang. Zona depan terletak di bagian utara dan selatan TMII, tepatnya di samping unit rekreasi Puri Caping Gunung TMII, dan di unit rekreasi Snowbay. 

Sementara di zona tengah terletak di Museum Keprajuritan dan di Skyworld. "Di zona belakang cukup luas. (Ada di) Taman burung, taman budaya Tionghoa, itu adalah kantong parkir yang disiapkan untuk pengunjung," tambahnya.

Ia menambahkan, tempat parkir juga tersedia di setiap anjungan daerah. Ini untuk mengatasi penumpukan kendaraan nantinya.

Pengelola juga bekerja sama dengan Satpol PP, Polri, dan TNI untuk melakukan pengamanan. Pihak TMII menyiapkan sekitar 200 personel satpol pp, polri, dan TNI di tiap titik keramaian.

Sementara itu, Kasie Humas TMII Asep Sumarna mengatakan tidak ada acara khusus saat malam takbiran menjelang Idulfitri 1439H/2018. Bahkan, dia mengatakan, TMII akan tutup pukul 19.00 WIB pada satu hari sebelum Idulfitri tersebut. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB