Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Disdukcapil Kab Bogor: Tak Ada KTP-el yang Sengaja Dibuang

Ahad 27 May 2018 19:30 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Reiny Dwinanda

KTP elektronik atau e-KTP

KTP elektronik atau e-KTP

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Ribuan KTP-el dengan alamat Sumatra Selatan ditemukan terjatuh dari sebuah truk.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor menegaskan tidak ada Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) yang sengaja dibuang oleh pihaknya. Ribuan KTP yang berserakan di Jalan Salabenda, Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang itu dipastikan berasal dari luar daerahnya.

"Asal KTP itu sedang dalam penyelidikan polisi," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Oetje Subagdja, Ahad (27/5).

Dari alamat yang tertera di KTP, diketahui KTP tersebut milik warga di wilayah Sumatera Selatan. Oetje tidak bisa memastikan jumlah KTP yang ditemukan karena kasusnya ditangani pihak Kepolisian Resor Bogor. "Tidak ada keterlibatan pegawai dinas kami dalam kasus ini," ujarnya.

Warga menemukan KTP dalam jumlah banyak berserakan di Jalan Salabenda pada pada Sabtu (26/5) siang sekitar pukul 13.30 WIB. Sejumlah saksi mata mengaku melihat ribuan KTP itu jatuh tercecer dari kendaraan pengangkut barang berwarna biru yang tidak diketahui nomor polisinya.

Salah seorang warga, Putra, mengatakan satu kardus berisi KTP-el terjatuh dari kendaraan yang melaju dari arah Kayumanis menuju Parung, tepat di persimpangan Jalan Salabenda. Warga yang melihat kejadian itu segera memberi tahu sopir kendaraan tersebut.

"Sopirnya balik arah lalu langsung memungutnya dengan bantuan warga," ujarnya.

Setelah itu, kendaraan pun melanjutkan perjalanan ke arah Parung. Menurutnya, sejumlah warga sempat melihat data diri yang tertera di KTP tersebut. Pemegang KTP-el itu beralamat di wilayah Sumatera Selatan.

"Warga penasaran untuk apa ya KTP itu dibawa pakai truk engkel dalam jumlah banyak seperti itu," katanya.

Baca juga: KTP-El Rusak Tercecer, Tjahjo Nilai Ada Unsur Kesengajaan

Sementara itu, Kepala Polsek Kemang Kompol Ade Yusuf Hidayat mengatakan informasi tentang penemuan satu karung KTP-el di didapatkan sekitar pukul 13:30 WIB pada Sabtu (26/5). Polisi juga telah memeriksa empat orang saksi, yaitu warga Salabenda yang kebetulan berada di lokasi kejadian.

"Truk tersebut terlihat berhenti di tempat kejadian pekara, yakni di Simpang Salabenda, Kabupaten Bogor," ujar Ade, Ahad (27/5).

Menurut Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Sesditjen Dukcapil I Gede Suratha sudah melakukan Pengecekan di lapangan dengan jajaran Polsek Kemang dan Polres Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil penelusuran, KTP-el yang teronggok di Jalan Raya Salabenda Semplak, Parakansalak, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu merupakan kartu rusak.

Zudan menjelaskan ribuan kartu rusak itu berasal dari gudang penyimpanan sementara di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam perjalanannya menuju Gudang Kemendagri di Kabupaten Bogor, ribuan KTP-el rusak itu jatuh dari mobil pengangkut.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES