Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

JPO Bertema Asian Games, Anies: Jakarta Cermin Kota Maju

Sabtu 28 Apr 2018 07:07 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bilal Ramadhan

Anies Baswedan

Anies Baswedan

Foto: ROL/Havid Al Vizki
Tidak hanya diperbaiki, Anies mengatakan JPO ini harus dirasakan manfaatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, JPO akan dibuat tidak hanya memanjakan mata masyarakat yang melihatnya, tetapi kenyamanan bagi masyarakat juga menjadi unsur utama dalam pembangunan JPO di wilayah Jakarta, sebagai cerminan Jakarta kota yang maju. Bahkan, JPO juga dibuat untuk memfasilitasi semua, termasuk kaum difabel.

"Ya kita akan fasilitasinuntuk semua. Kenapa ada JPO, itu juga kan supaya orang selamat, dan siapa saja bisa menyeberang. Desain tentu kita ingin buat baik, bagus, hingga mencerminkan juga semangat Jakarta sebagai kota yang maju," jelas Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/4).

Anies mengungkapkan, Jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di Jakarta, akan dibuat untuk Asian Games 2018 mendatang. Menurut dia, nilai estetika merupakan salah satu unsur penting, namun tetap perhatikan nilai keselamatan.

"Unsur etetika itu penting, tapi unsur safety, unsur akomodasi pada semua itu lebih penting. Karena pada akhirnya, fungsinya adalah untuk bisa menjamin keselamatan orang," kata mantan Mendikbud itu.

Sementara ini baru ada 12 JPO yang sudah dirapihkan oleh Pemprov DKI Jakarta, secara bertahap semua akan dibenahi. "Bertahap. Justru penting sekali untuk membuat pembangunan kita itu mencerminkan perilaku warga. Selalu," papar Anies.

Dengan adanya JPO dengan tampilan baru, masyarakat akan melihat efeknya seperti apa, dan responnya juga seperti apa, lalu pemanfaatannya bagaimana, dan dari situ Pemprov DKI akan merapihkan lagi yang lainnya.

"Jangan sampai sekedar membangun supaya kelihatan secara jumlah selesai banyak, tetapi efek di masyarakatnya kita lihat dulu. Ini kita jadikan sebagai kesempatan untuk di-review," tutur dia.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta sedang membangun 12 JPO (jembatan penyeberangan orang) yang ada di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. JPO tersebut akan dibangun dengan model yang modern. Revitalisasi JPO ini akan menghabiskan dana hingga Rp 56,3 milliar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA