Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Wabup Bekasi Minta Transjakarta Beroperasi Sampai Cikarang

Kamis 05 Apr 2018 01:32 WIB

Red: Ratna Puspita

Penumpang bus transjabodetabek premium di Mega Bekasi jurusan Plaza Senayan.

Penumpang bus transjabodetabek premium di Mega Bekasi jurusan Plaza Senayan.

Foto: Republika/Fergi Nadira
Itu menjadi salah satu solusi mengatasi persoalan kemacetan di Kabupaten Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG — Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengusulkan agar integrasi transportasi publik, seperti Transjakarta, dapat melayani warganya. Karena itu, dia menyarankan operasi Transakarta hingga ke wilayah Cikarang.

"Transportasi publik yang terintegrasi sangat penting sebagai salah satu solusi mengatasi persoalan kemacetan yang hingga kini masih terjadi di Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Rabu (4/4).

Usulan itu disampaikan Eka saat menghadiri Rapat Kerja Kepala Daerah Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cianjur (Jabodetabekjur) di Balai Kota DKI Jakarta. Eka juga mengutarakan persoalan terkait pembangunan wilayah utara terutama yang berbatasan dengan wilayah DKI Jakarta maupun Bekasi. 

Dia berharap wilayah itu mendapat perhatian, terutama soal infrastruktur jalan yang saat ini masih kurang memadai. "Terutama di sekitar Cikarang kota dan jalan-jalan penghubung antar Kabupaten dan Provinsi, daerah batas kota," katanya.

Rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur Jawa Barat dan Banten. Termasuk kepala daerah yang ada di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur.

"Forum BKSP harus menjadi forum yang kuat dan tersinergi. Karena forum ini penting dalam mencapai pembangunan yang terintegrasi demi tujuan bersama," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat membuka rapat kerja.

Dalam rapat tersebut juga dibahas secara umum tentang permasalahan prioritas yang terjadi di wilayah Jabodetabekjur, seperti banjir, penanganan persoalan kemacetan melalui pengintegrasian sistem transportasi publik antar wilayah, kesehatan, polusi dan sampah, ketahanan pangan serta permasalahan lainnya.

BKSP Jabodetabekjur sendiri merupakan forum bersama pemerintah daerah yang berbatasan dengan Ibu Kota Jakarta.

Tujuan forum ini sebagai wadah antar pemerintah daerah di wilayah Jabodetabekjur dalam rangka mengintegrasikan pembangunan wilayah yang saling bersinergi.

Selain itu juga memecahkan permasalahan pokok yang terjadi di wilayah tersebut secara bersama-sama.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA