Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Kawasan Sawangan akan Dikembangkan untuk Potensi Pertanian

Rabu 14 Februari 2018 19:33 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Lahan pertanian (ilustrasi).

Lahan pertanian (ilustrasi).

Foto: VOA
Sektor pertanian bisa mengurangi angka pengangguran.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, sejak lama dikenal memiliki potensi pertanian. Potensi dari usaha pertanian, budidaya tanaman buah, dan tanaman hias ini terus digenjot keberadaannya agar hasilnya bisa mengangkat ekonomi warga Sawangan.

"Kami sadar bahwa Sawangan bukan wilayah industri, tetapi kawasan pertanian. Untuk itu, kami akan mendorong dari segi pertanian agar masyarakat bisa meningkat perekonomiannya," ujar Camat Sawangan Zaenuddin di Balai Kota Depok, Rabu (4/2).

Menurut Zaenuddin, guna menekan dan mengurangi angka pengangguran, akan diupayakan dengan menumbuhkan sisi pertanian. Sehingga pola pikir masyarakat bekerja di bidang pertanian bukanlah suatu masalah, karena hal tersebut juga bisa membantu ekonomi keluarga. "Harus bisa kerja pertanian agar mengurangi angka pengangguran, karena kami bukan wilayah dengan banyak pabrik," ujarnya.

Zaenuddin menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, upaya yang bakal dilakukan di antaranya yakni dengan menggarap lahan tidur. Nantinya pihak Kecamatan Sawangan bakal menjalin komunikasi dengan para pemilik lahan tidur agar dapat dipakai untuk pertanian.

"Saya sudah komunikasi dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sawangan maupun lahan milik pengembang yang masih ditelantarkan, mudah-mudahan ke depan lahan-lahan ini bisa digarap semaksimal mungkin untuk warga Sawangan," kata Zaenuddin berharap.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES