Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Bogor Diguyur Hujan Semalaman, Wilayah Puncak Alami Longsor

Senin 05 Feb 2018 10:10 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Andri Saubani

 Bencana longsor terjadi di Puncak, Bogor, Senin (5/2) sekira pukul 09.20 WIB.

Bencana longsor terjadi di Puncak, Bogor, Senin (5/2) sekira pukul 09.20 WIB.

Foto: Dokumentasi Polres Bogor
Kondisi badan jalan di tiga titik itu tertutup longsoran tanah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bencana longsor terjadi di kawasan Puncak, Bogor, pada Senin (5/2) sekira pukul 09.20 WIB. Longsor terjadi diduga akibat hujan yang mengguyur Bogor sejak Ahad (4/2) malam sampai pagi ini.

Menurut laporan dari Kepolisian Resor (Polres) Bogor, kejadian tepatnya terjadi di sejumlah titik. "Di antaranya, dekat Masjid At-Tawun, di tempat wisata Riung Gunung, Cisarua, dan Villa Widuri yang juga masih di Cisarua," tutur Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, kepada Republika.co.id.

Baca: Hujan Semalaman, Bendung Katulampa Siaga Satu.

Saat ini, kondisi badan jalan di tiga titik itu tertutup yang disebabkan tanah turun dari ketinggian. Selain itu, tiang listrik juga roboh akibat angin yang besar sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Terlebih, cuaca di sekitar lokasi masih hujan.

Hasby mengatakan, mulai pukul 09.20 WIB, jalur Puncak ditutup untuk evakuasi longsor. Begitu juga dari arah Cianjur ditutup total, diarahkan melalui Jonggol. Sementara jalur puncak diarahkan melalui Sukabumi, ucapnya.

Selain itu, Hasby menambahkan, pihaknya telah mengajak para stakholder terkait utk melaksanakan penanganan bencana. Alat berat juga sudah disiapkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat untuk membersihkan jalur.

Setidaknya, 100 personel dari Polres Bogor siap mengevakuasi longsor. "Kami juga mengimbau masyarakat agar jangan menggunakan jalur puncak terlebih dahulu," ujar Hasby.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA