Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

KA Bandara Beroperasi, Penumpang Rasakan Keterlambatan KRL

Kamis 04 January 2018 15:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Kereta bandara melintas saat uji coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12).

Kereta bandara melintas saat uji coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keterlambatan KRL commuter line lintas Duri - Tanggerang dirasakan penumpang sejak berlakunya jadwal keberangkatan kereta api (KA) Bandara Railink. Keterlambatan dirasakan lebih lama 10 menit dibandingkan sebelum adanya KA Bandara.

Karyawan Pemkot Tangerang Jeffica Aini (26 tahun) merasakan dampak keterlambatan KRL commuter line tidak hanya di lintas Tanggerang, namun juga pada lintas Angke - Jatinegara. "Biasanya saya nunggu hanya sekitar 10 menit dari stasiun ke stasiun berikutnya, kalau sekarang menjadi 30 menit, lebih lama," ujar Jeffica di Stasiun Duri, Kamis (4/1).

Jeffica biasa naik dari Stasiun Tanah Tinggi menuju Duri. Untuk mendapatkan duduk, biasanya wanita asal Bojonggede, Bogor itu ikut KRL sampai Tanggerang. "Jadi saya nggak bisa ikut dulu ke Tanggerang, karena keretanya tak secepat seperti biasa, biasanya di belakangnya ada lagi, ini kereta masih di stasiun Duri, masih jauh," ujarnya.

VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Api Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunissa mengatakan hal tersebut disebabkan penyesuaian perjalanan kereta api commuter line lintas Duri - Tanggerang. Penyesuaian jadwal akan diberlakukan setelah KA Bandara Railink mengoperasikan secara penuh perjalanan KA Bandara sebanyak 84 perjalanan pada awal Januari sesuai dengan program yang telah disosialisasikan PT Railink.

"Tidak memungkinkan jika untuk menambah frekuensi perjalanan lintas Tanggerang, tapi kapasitas angkutnya yang akan bertambah karena kita menambah panjang rangkaiannya," ujar Eva saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (4/1).

Untuk jadwal keberangkatan kereta pertama dari Stasiun Tangerang menuju Duri adalah pukul 04.55 WIB, sedangkan kereta pertama dari Stasiun Duri menuju Tangerang pukul 05.45 WIB. Sementara itu jadwal kereta terakhir dari Stasiun Tangerang menuju Duri pukul 22.30 WIB dan KA Terakhir dari Stasiun Duri menuju Tangerang pada pukul 23.45 WIB.

Selain itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan pengguna jasa, Eva mengatakan juga akan menambahkan satu perjalanan KRL feeder Manggarai Angke dengan jadwal berangkat Stasiun Manggarai pukul 07.20 WIB. "Kami juga juga mengimbau untuk para pengguna jasa KRL Commuter Line untuk dapat menyesuaikan kembali jadwal perjalanannya dengan adanya perubahan ini pada awal Januari ini, terutama saat jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES