Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Pemprov DKI akan Tata Kawasan Monas Jadi Taman Bermain

Rabu 03 January 2018 19:38 WIB

Red: Andri Saubani

Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).

Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno akan menata kawasan Monumen Nasional (Monas) dari garden menjadi park atau tempat bermain. "Selama ini adalah garden bahwa kita hanya boleh melihat. Dan tentunya sebagai pengunjung fungsinya diubah sebagai park. Pada beberapa kota besar lain kalau di New York ada Central Park kalau di London ada Hyde Park. Kami ingin juga di sini, bukan dilihat tapi juga bisa dinikmati oleh warga dan akan terbentuk dengan sendirinya," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/1).

Ia mengatakan, kawasan Monas yang diinginkan seperti Central Park di New York atau Hyde Park di London, di mana para pengunjung akan dapat menikmati Monas yang difungsikan sebagai taman bermain. Dia mengatakan, Pemprov DKI menginginkan setiap tempat terbuka hijau akan berfungsi yang benar-benar optimal serta bisa dinikmati para warga Jakarta.

"Bisa menikmati rumput-rumput itu untuk yoga, tempat mereka pilates, tempat terbuka untuk aerobik dan dipastikan tetap sesuai dengan keasrian tempat itu sendiri," kata Wagub.

Sebelum kawasan Monas dibuka untuk fasilitas umum, Sandiaga menginginkan ada edukasi terlebih dulu kepada publik atau masyarakat Jakarta, terutama terkait sampah.

"Pastikan sosialisasi dulu, justru yang saya perhatikan perilaku dari masyarakat ini yang harus diingatkan, disediakan tempatnya dan sistemnya TSP (tahan, simpan, pungut, red) dengan begitu budaya kita menikmati tempat-tempat terbuka hijau itu sebagai park bukan hanya garden bisa terjadi," kata Sandiaga.

Kebijakan tersebut merupakan gagasan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan masih dalam tahap pembicaraan dengan pihak Monas dan masih melihat sarana serta prasarana terlebih dulu, katanya. "Itu ide dari Pak Anies. Kami ingin sampaikan juga, tantangan hujan juga, ada kondisinya juga kalau digunakan oleh warga dengan tidak merusak estetika dan keasrian yang ada," kata Sandiaga.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES