Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sambut Asian Games, Dinas Lingkungan Hidup Beli Alat Baru

Kamis 21 Des 2017 10:37 WIB

Rep: Sri Handayani/ Red: Israr Itah

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan alat di pengelolaan lingkungan hidup di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/12).

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan alat di pengelolaan lingkungan hidup di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/12).

Foto: Dok Diskominfotik DKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memodernisasi sarana pengelolaan lingkungan hidup. Ini dilakukan untuk menyambut Asian Games yang akan diselenggarakan pada Agustus 2018.

Penyerahan sarana itu didesain dengan tema Asian Games dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/12). Sarana tersebut diserahterimakan kepada Suku Dinas Lingkungan Hidup lima kota administrasi di Provinsi DKI Jakarta.

Sandiaga menyatakan, Pemprov DKI Jakarta siap menjaga kebersihan Ibu Kota untuk menyambut Asian Games 2018. "Ibu Kota tentu jadi sorotan dunia, kita perlu pastikan bahwa yang datang ke Jakarta dari berbagai negara saat Asian Games 2018 digelar nanti akan melihat Jakarta sebagai kota yang bersih, indah, dan nyaman," ujar Sandiaga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji, menyatakan pengadaan berbagai sarana pengelolaan lingkungan hidup tersebut telah dilakukan sesuai analisis kebutuhan dan perencanaan yang matang. Armada ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup Ibu Kota.

"Kami bertekad Jakarta sejajar dengan kota-kota maju dunia, kata Isnawa.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup, Hari Nugroho mengungkapkan ada berbagai sarana dan prasarana yang diperbarui. Di antaranya adalah mobil penyapu jalan (street sweeper) berukuran besar sebanyak 25 unit dan ukuran kecil sebanyak enam unit. Truk sampah jenis compactor dengan kapasitas lebih dari 10 meter kubik sebanyak 25 unit dan kapasitas 15 meter kubik sebanyak 50 unit. Alat berat (wheel loader) sebanyak lima unit, dan gerobak motor sebanyak 1.000 unit untuk menggantikan gerobak tenaga manusia di setiap RW di Jakarta.

"Kami juga mengadakan 22 unit bus toilet VIP, dua di antaranya didesain khusus sebagai bus toilet bagi penyandang disabilitas," ujar Hari.

Selain berpendingin udara, bus toilet baru tersebut memiliki dua kamar dengan kloset duduk. Bus toilet ini juga dilengkapi sebuah wastafel, genset, dan satu tenda otomatis. Bus toilet ini akan dipakai beroperasi di lokasi-lokasi keramaian masyarakat, seperti Car Free Day, tempat-tempat wisata, dan kegiatan keramaian lainnya.

"Kita ingin memastikan Jakarta siap menjadi tuan rumah Asian Games," kata Hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA