Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Dinas Pertanian Tangsel Sidak Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Kamis 31 Aug 2017 18:48 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Karta Raharja Ucu

Hewan kurban di Jakarta (ilustrasi).

Hewan kurban di Jakarta (ilustrasi).

Foto: ROL/Abdul Kodir

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Sehari sebelum Idul Adha 1438 H, Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan melakukan sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban yang ada di sekitar wilayah Tangerang Selatan. Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan pada 10 Dzulhijah atau Jumat (1/9) besok.

Kepala Seksi Pertanian dan Peternakan, Sandra Larasati memastikan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pengecekan langsung terhadap lapak-lapak yang menjual hewan kurban. Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan memastikan hewan kurban yang dijual terjamin kesehatan dan sesuai syariat dalam berkurban.

"Artinya dari kematangan usia harus sesuai, jenis kelamin hewan, juga diperhatikan," katanya.

Sandra berkata, pengecekan kesehatan yang dilakukan pihaknya meliputi sanitasi lapak penjualan dan kepada hewan kurbannya itu sendiri. "Kita lakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban untuk memastikan kualitas hewan yang sehat dan sesuai syariat untuk dikurbankan," kata dia menerangkan.

Pengecekan kesehatan hewan kurban ini juga untuk mengantisipasi ditemukannya penyakit atau cacat pada hewan yang akan disembelih pada perayaan Idul Adha 1438 H. "Tanda-tanda yang bisa kita lihat untuk melihat kesehatan kurban seperti ada cacat misalnya kaki pincang, tanduk patah atau buta," ucap dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA