Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Dirut Transjakarta: Peluncuran Koridor 13 Dipercepat

Senin 07 Agustus 2017 14:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Israr Itah

 Sejumlah bus Transjakarta melintas saat survei di koridor 13 Tendean, Jakarta Selatan, Ahad (9/7).

Sejumlah bus Transjakarta melintas saat survei di koridor 13 Tendean, Jakarta Selatan, Ahad (9/7).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (PT Transjakarta) Budi Kaliwono mempercepat peluncuran koridor 13 rute Ciledug-Tendean dari 17 Agustus 2017 menjadi 16 Agustus 2017. Sebab, jika peresmian ditetapkan pada 17 Agustus 2017 akan bersamaan dengan peresmian Simpang Susun Semanggi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Jadi kami menjadwalkan peresmian koridor 13 yang menghubungkan Ciledug sampai Tendean itu satu hari sebelumnya," ujar Budi di Balai Kota, Senin (7/8).

Sebelum peluncuran, koridor 13 akan diujicobakan untuk mengangkut pelanggan. Rencananya, penumpang sudah dapat menggunakan koridor 13 pada 14 Agustus 2017 dari Ciledug ke Tendean.

"Sebenarnya dari Mei itu kami sudah lakukan uji coba tapi tanpa pelanggan. Satu hari ada 20 bus, melatih supirlah karena kami yakin membawa bus di jalan raya dengan trek panjang walaupun hanya sembilan kamu itu butuh kebiasaan sehingga pramudi tahu tiap sudut lintasan tersebut," katanya.

Bus di koridor 13 akan dioperasikan pada pukul 05.00 WIB dan bersiap di Ciledug untuk mengangkut penumpang. Sebab analisa Budi banyak penumpang yang mengarah ke Jakarta.

"Logikanya kan pekerja Jakarta banyak yang bermukim di Ciledug tapi bukan berarti ke Ciledug enggak ada. Pasti ada juga dan banyak juga sore balik dari Jakarta ke arah Ciledug," ujarnya.

Budi menyatakan perjalanan dari Ciledug ke Tendean membutuhkan waktu 30 sampai 35 menit. Waktu perjalanan tersebut terhitung cepat, sambung Budi, apalagi tahap awal tidak semua halte disinggahi.

"Kami hanya akan menyingggahi beberapa halte sambil penyempurnaan semua," kata dia.

Tahap awal pengoperasian, Transjakarta akan memakai minimal empat rute. Antara lain, Ciledug mengarah ke koridor 1, Ciledug yang mengarah ke Cawang UKI, Ciledug mengarah ke Tendean, dan lintasan pendek yang mengangkut dari koridor 1.

"Yang ada di Masjid Agung bisa langsung naik ke depan ramp yang ada di Mabes Polri sehingga pelanggan nggak usah capek-capek naik di Halte CSW yang lumayan tinggi, mereka cukup tunggu di Halte Masjid Agung nanti ada bus jemput yang bisa angkut langsung ke Tendean atau yang mau ke Ciledug bisa pindah di Halte Tirtayasa, lanjut ke Ciledug," kata Budi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: KPK Luncurkan Bus Antikorupsi

Senin , 24 September 2018, 16:00 WIB